Selasa, 14 Juni 2022

Vaksinasi PMK bagi Hewan Ternak Belum Diterima


www.kemlagi.desa.id - Target vaksinasi hewan ternak di Kabupaten Mojokerto, meleset. Itu setelah, pemerintah pusat tak kunjung mendistribusikan vaksin ke daerah yang terjangkit wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto Nurul Istiqomah mengatakan, sejauh ini belum ada informasi lebih lanjut terkait vaksinasi yang menyasar hewan ternak di wilayahnya. Daerah masih belum mendapat kepastian terkait dimulainya penambahan imun tubuh pada hewan ruminansia berkuku belah yang rentan terjangkit PMK ini. 

’’Rapat awal dulu, janjinya minggu ke dua bulan Juni. Tapi, sampai sekarang belum ada kiriman dari pusat, jadi mundur dari target (10 Juni) awal,’’ ungkapnya, kemarin. 

Setelah belakangan koordinasi dengan kementerian pertanian, lanjut Nurul, sejauh ini pengadaan vaksin untuk menghadapi merebaknya PMK di daerah masih berproses. 

Hanya saja, meski nantinya vaksin sudah didroping ke daerah. Sasarannya, masih terbatas. Sesuai petunjuk kementerian, tim satgas PMK harus memprioritaskan jenis sapi perah. Padahal, di Kabupaten Mojokerto, hampir 90 persen lebih, PMK menyerang sapi potong.

’’Sapi perah dulu dan sapi potong sekitar sapi perah yang didulukan. Tapi kalau vaksin didrop dalam jumlah banyak, ya langsung divaksin semua,’’ paparnya. 

Disebutnya, vaksinasi akan tetap mempertimbangkan jumlah dosis yang diterima. Sesuai data disperta, sapi perah di Kabupaten Mojokerto tersebar di 11 kecamatan. Meliputi, Trawas, Pacet, Gondang, Pungging, Jatirejo, Sooko, Mojosari, Puri, Bangsal, Dlanggu, dan Trowulan. 

Sedangkan, tujuh kecamatan lainnya, menyusul. Di antaranya, Gedeg, Jetis, Dawarblandong, Kemlagi, Ngoro, Kutorejo, dan Kecamatan Mojoanyar. 

’’Tapi kemarin hasil rapat zoom dengan dirjen, vaksin diutamakan dikirim ke daerah yang sedang ditetapkan wabah oleh mentan. Maka, harapan saya dapat vaksin dosis banyak sehingga bisa segera vaksin secara keseluruhan tanpa mendahulukan yang sapi perah,’’ tandasnya. 

Dikabarkan oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi

0 komentar :