Sabtu, 26 Februari 2022

Sinkronisasi dan Penyusunan Data Profil Desa dan Kelurahan

Webinar di Ditjen Bina Pemdes Kemendagri
www.kemlagi.desa.id - Jakarta (24/2)- Telah berlangsung webinar SAPA DESA bertema Penyusunan dan Sinkronisasi data Aplikasi Profil Desa dan Kelurahan (Prodeskel) di Wilayah Sumatera dan Jawa, yang dipimpin oleh Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Evaluasi Perkembangan Desa Wilayah II Khusus Jawa dan Bali Tiyar Cahya Kusuma, Kamis (24/2).

Dalam kegiatan tersebut, disampaikan Tiyar jika pengumpulan data Prodeskel dilakukan melalui pendataan oleh Kelompok Kerja (Pokja) Prodeskel Tingkat Desa, dan dapat dibantu penginputan data oleh operator desa. 

"Sumber informasi dalam pengumpulan data Prodeskel adalah kepala keluarga, pengurus RT, pengurus RW, kepala dusun, kepala lingkungan, kepala desa, lurah dan perangkat desa dan kelurahan, pengurus TP-PKK dan lembaga kemasyarakatan serta unit pelaksana teknis satuan kerja perangkat daerah dan perangkat pusat yang ada di desa, kelurahan dan kecamatan," ujar Tiyar. 

Kepada seluruh peserta webinar, Tiyar menambahkan, “Untuk pengolahan data Prodeskel, setelah proses penginputan data ke dalam aplikasi Prodeskel, sistem akan melakukan penghitungan nilai/skoring setiap hari setelah jam 12 Malam. Lalu penghitungan skor berdasarkan tanggal yang dicantumkan oleh petugas entry data. Pastikan semua data tercukupi, sehingga penilaian akan mendekati hasil yang sesuai. Apabila satu data memiliki dua tanggal maka analisis akan digunakan tanggal yang terbaru pada tahun berjalan data Prodeskel harus diperbarui minimal 1 kali dalam 1 tahun”. 

Kegiatan webinar tersebut dihadiri juga oleh aparat pemerintah desa yang terdiri dari Pembangunan Desa (Bangdes), Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) dari sejumlah wilayah Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut Sekdes Kemlagi M. Ainur Rofiq juga berkesempatan mengikuti kegiatan ini secara daring dan menyampaikan bahwa Desa Kemlagi sejak tahun 2012 sudah mengerjakan Profil Desa dan Kelurahan ini bahkan sampai saat ini sudah menginput data 100 %, sehingga untuk tahapan berikutnya tinggal pemutakhirannya saja. 

Atas capain Desa Kemlagi ini, maka Ditjen Bina Pemdes Kemendagri sangat mengapresiasi dan berikan penghargaan setinggi-tingginya atas upaya dan capaian Prodeskel di Desa Kemlagi. 

Sumber Ditjen Bina Pemdes Kemendagri

Dikabarkan oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi

0 komentar :