Selasa, 11 Januari 2022

Wagub Jatim: Munas PPDI Ke-IV, Ajang Bagi Perangkat Desa Untuk Memajukan Desa

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak hadiri Munas ke-IV PPDI
www.kemlagi.desa.id - Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak menyampaikan komitmen Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk memajukan Desa di Jawa Timur. Utamanya terkait pengembangannya untuk menjadikan Desa mandiri serta strategis. 

Dalam Musyawarah Nasional PPDI (Persatuan Perangkat Desa Indonesia) ke-IV yang digelar di Aula Taman Candra Wilwatikta Pandaan, Sabtu (8/1/2022) pagi tadi, Wagub menitikberatkan beberapa poin penting. Bahwa Desa merupakan bagian dari kemajuan suatu daerah, baik Kabupaten/Kota maupun Provinsi.

Maka dari itu, Wagub mengisyaratkan kepada Perangkat Desa untuk mewujudkannya secara bersama-sama. Yakni bagaimana menjadikan Desa agar memiliki simbol kemajuan dan kecerdasan yang selama ini masih melekat di daerah perkotaan. 

“Selama ini, Desa dianggap bukan sebagai simbol kemajuan dari kecerdasan. Ini yang menjadi PR bagaimana untuk mewujudkan agar tinggal di Desa tetapi tetap maju”, kata Emil saat memberikan sambutannya. 

Wagub menambahkan, baik Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah maupun Kementerian terkait harus mampu menjadi fasilitator Perangkat Desa dalam mengemban tugasnya. Seperti menjadi fasilitator apabila terdapat permasalahan komunikasi antara Perangkat Desa dengan Kepala Desa atau Lurah. 

Menurutnya, kesejahteraan Perangkat Desa perlu diperhatikan. Terutama memberikan rasa aman dalam menjalankan tugas untuk mengayomi dan memberikan pelayanan kepada masyarakat. Oleh karenanya, Wagub berkomitmen akan melindungi Perangkat Desa secara adil. 

“Membangun suatu daerah dimulai dari Desa. Sehingga kita perlu secara langsung melindungi Perangkat Desa, utamanya dalam menjalankan tugas dan tupoksinya secara benar. Saya yakin, segala permasalahan dapat terselesaikan dengan komunikasi yang baik antara Perangkat Desa dengan Kepala Desa,” ujarnya dengan nada optimis. 

Diakhir sambutannya, Emil Dardak berharap agar Desa bisa maju dengan digitalisasi. Dengan demikian, ke depannya semua anak yang tinggal di Desa akan merasa bangga sekaligus dapat hidup lebih sejahtera. 

Hadir dalam kegiatan, Wakil Bupati Pasuruan, Mujib Imron dan  Dirjen Bina Pemerintahan Desa, Yusharto Hantoyungo. Berikut Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur, Arumi Bachsin dan pejabat terkait, baik dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur maupun Pemerintah Kabupaten Pasuruan. 

Dikabarkan oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi

0 komentar :