Jumat, 03 Juni 2016

Bahaya Narkoba Bagi Generasi Muda

https://komandobsi.files.wordpress.com/2012/04/narkoba1.jpg
Katakan tidak pada narkoba
Tidak salah jika dikatakan bahwa masa depan sebuah bangsa berada di tangan para generasi muda. Bagaimanapun, generasi muda ialah mereka yang akan menentukan bagaimana sebuah negara di kemudian hari. Entah semakin maju, atau justru sebaliknya malah semakin terpuruk. Generasi muda merupakan pilar bangsa, yang diharapkan dapat menopang bangsa agar selalu kokok berdiri tak tergoyahkan. Generasi muda juga merupakan generasi penentu. 

Mereka bisa memilih untuk meneruskan perjuangan para Pendahulu, atau mengubah masa depan dengan cara mereka sendiri. Begitu pula jika ingin menghancurkan sebuah bangsa, cukup hanya dengan merusak para pemuda-pemudinya saja. Karena generasi muda adalah harapan seluruh bangsa sehingga sangat diperlukan peran orang tua dalam mendidik anak agar anak tidak terjerumus ke jalan yang salah.

Sejak lama kita dihadapkan pada satu masalah yang harus diakui bahwa semakin lama semakin sulit untuk diberantas. Masalah yang sangat merusak dan sangat mengancam daripada kelangsungan hidup para generasi muda penerus bangsa ini. Masalahnya itu ialah penyalahgunaan obat-obatan dan zat-zat adiktif lainnya masalah penyalahgunaan narkoba.

Dampak akibat Penyalahgunaan 

NarkobaDiantara bahaya penyalahgunaan narkoba yang paling vital bagi generasi muda ialah terjadinya perubahan sikap dan kepribadian mereka. Tidak heran ketika seorang anak tiba-tiba berubah menjadi pendiam dan sering menggurung diri karena mereka justru asyik dengan efek halusinasi yang disebabkan oleh obat-obatan narkotika atau apapapun yang mereka konsumsi itu. 

Anak yang terkenal cerdas dengan prestasi akademik yang fantastis pun bisa saja tiba-tiba mendapat nilai yang jatuh merosot secara tiba-tiba. Yang paling jelas, penyalahgunaan narkoba akan berakibat pada hilangnya kemauan dan semangat belajar. Di dalam kelas pun, mereka jadi benar-benar tidak semangat dan lebih mudah mengantuk sehingga banyak pelajaran yang terlewatkan.

Berikut adalah dampak akibat penyalahgunaaan narkoba :

  1. Dalam perubahan sikap dan perilaku, narkoba memang tidak tanggung-tanggung memberikan dampaknya. Anak jadi sering membolos dan suka melanggar peraturan. Tidak hanya itu, psikis pun juga berubah menjadi pribadi yang mudah tersinggung dan mudah marah sehingga tidak jarang akan memicu pertikaian dan perkelahian terutama di antara sesama pelajar yang juga sering menjadi penyebab tawuran
  2. Pengguna narkoba biasanya menjadi tidak peduli lagi dengan keadaan atau kondisi kesehatan tubuhnya. Bagi mereka, selama ada narkoba maka hidup mereka akan baik-baik saja dan mereka pun merasa selalu sehat. Padahal, sudah diketahui bahwa yang namanya narkoba itu sendiri harganya tidak ada yang murah sehingga tidak mungkin seorang remaja terutama yang masih berada di bawah tanggung jawab orang tua, mendapat uang saku juga dari orang tua, bisa memenuhi kebutuhannya sendiri. Sehingga tidak jarang demi memenuhi kebutuhan akan obat jahanam itu mereka melakukan tindak kejahatan seperti mencuri hanya untuk mendapatkan uang guna membeli narkoba. Jika sudah demikian, rusaklah kehidupan orang itu.
  3. Narkoba yang disalahgunakan itu merupakan wujud paling terkutuk daripada zat yang membahayakan. Ia mampu mengubah seseorang secara keseluruhan baik fisik maupun psikis. Narkoba adalah perusak paling berbahaya. Bayangkan saja jika narkoba ini telah menjangkiti seluruh pemuda-pemudi penerus bangsa ini. Apa yang akan terjadi?
Untuk itu, dalam upaya mencegah dan mengatasi terjadinya penyalahgunaan narkoba terutama di kalangan generasi muda tidak hanya bisa dilakukan oleh satu pihak saja melainkan harus ada kerjasama yang solid antar seluruh masyarakat. Paling mudah ialah memberikan pengetahuan dari lingkup yang terkecil yakni di dalam keluarga. Serta jangan lupa untuk meningkatkan spiritual agar terhindar daripada perbuatan tercela.

2 komentar :

Pabrik Jam Masjid Digital mengatakan...

Terimakasih, infonya sangat bermanfaat

Sahabat Muslim mengatakan...

Sangat menginspirasi saya untuk penulisan naskah khutbah jumat tentang generasi muda muslim. Terimakasih.