Rabu, 24 Februari 2021

Sinergi Pemerintah Desa Kemlagi Bersama Rumah Zakat Menuju Desa Kemlagi "Desa Bebas Stunting"

Pertemuan Bersama kader Bebas Stunting Desa Kemlagi, penentuan target program, juga teknis pelaksanaan
www.kemlagi.desa.id - Salah satu fokus pemerintah saat ini adalah pencegahan stunting. Upaya ini bertujuan agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dan berkembang secara optimal dan maksimal, dengan disertai kemampuan emosional, sosial, dan fisik yang siap untuk belajar, serta mampu berinovasi dan berkompetisi di tingkat global.

Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam pencegahan stunting, yaitu perbaikan terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih.

Pertemuan pertama pembahasan program
Pemerintah Desa Kemlagi bersinergi dengan Rumah Zakat turut ambil bagian dalam upaya pencegahan stunting ini melalui Program Bebas Stunting Desa Kemlagi.

Ada 4 (empat) Kader Bebas Stunting yang mewakili masing-masing lingkungan yang nanti nya akan mengawal program ini. 
  1. Siti Lam'ah dari RW 1
  2. Anik Tadliyah dari RW 2
  3. Yatinah dari RW 3
  4. Dewi Ambarwati dari RW 4
Selain edukasi, juga diberikan PMT pemulihan bagi 10 balita se-Desa Kemlagi yang menjadi target program berdasarkan data di masing-masing Posyandu. PMT pemulihan diberikan selama 90 hari Dan setiap minggu akan dievaluasi perkembangannya.

Tujuan pemberian makanan tambahan (PMT) pemulihan pada bayi dan balita antara untuk memberikan makanan tinggi energi, tinggi protein, dan cukup vitamin mineral secara bertahap, guna mencapai status gizi yang optimal.

Sedangkan spesifikasi jenis makanan yang diberikan antra lain dengan persyaratan komposisi gizi mencukupi minimal 1/3 dari kebutuhan 1 hari, yaitu; energi 350-400 kalori dan protein 10-15 gram. Pemberian makanan tambahan pemulihan (PMT-P) diberikan setiap hari kepada anak selama 3 bulan (90 hari). Sedangkan bentuk makanan PMT-P makanan yang diberikan berupa Kudapan (makanan kecil) yang dibuat dari bahan makanan setempat/lokal.

Menu PMT Pemulihan Hari 1 Macaroni Scotel with Vegetables
Selasa, 23 Februari 2021 merupakan Hari pertama pemberian PMT Pemulihan dengan menu Scotel Macaroni dengan sayur (Macaroni Scotel With Vegetables).

Turut serta dalam pendampingan program ini  Bapak Fatoni dari Rumah Zakat, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Kemlagi, drh. Nyta Apriantini, Bidan Desa Kemlagi  - Ratna Marlongen A. Md, Oktavia Dwi Ariyanti, A.Md. Gz, sebagai Pelaksana Program Gizi UPT Puskesmas Kemlagi.

Program Bebas Stunting ini merupakan rangkaian program berkelanjutan dalam  program kesehatan Desa Kemlagi. Semoga  sinergi dengan Rumah Zakat ini, memberikan kontribusi dalam mengawal 1000 hari pertama kehidupan.

Ditulis oleh Ibu drh. Nyta Apriantini - Ketua Tim Penggerak PKK Desa Kemlagi
Dikabarkan oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi

0 komentar :