Sabtu, 02 Januari 2021

Apakah Anda Termasuk Calon Penerima Vaksinasi Covid-19 Gratis ?

Infografis 180 Juta Warga Indonesia Target Vaksin Covid-19 (Liputan6.com)

www.kemlagi.desa.id - Pemerintah mulai mengirimkan SMS (Short Message Service) blast secara serentak, kepada penerima vaksin COVID-19 yang telah terdaftar pada tahap pertama mulai Kamis kemarin. 

Aturan ini tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan RI (KMK) Nomor HK.01.07/MENKES/12757/2020 tentang Penetapan Sasaran Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), yang ditetapkan Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, pada 28 Desember 2020. 

"Sasaran dari SMS Blast ini adalah masyarakat kelompok prioritas penerima vaksin COVID-19," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, seperti dikutip dari laman Sehat Negeriku. 

Beberapa warganet Twitter pada Jumat (1/1/2021) pun melaporkan bahwa mereka sudah mendapatkan SMS yang dikirimkan oleh Kementerian Kesehatan tersebut. 

Cek di Peduli Lindungi 

Selain SMS, calon penerima vaksin COVID-19 pun juga dapat melihat apakah dirinya telah terdaftar di laman PeduliLindungi.id. Di sana, Anda dapat memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK). 

Admin-pun mencoba memasukkan NIK ke kolom yang tertera. Hasilnya adalah tulisan yang menunjukkan bahwa nomor tersebut belum termasuk calon penerima vaksinasi COVID-19 gratis pada periode ini. 

Di sana juga tertulis: "Khusus Anda NAKES (Tenaga Kesehatan). 

"Bagi Anda NAKES yang belum termasuk pada periode ini, harap melengkapi data: NAMA, NIK, ALAMAT, NO HP, TIPE NAKES dan dilengkapi dengan SURAT KETERANGAN dari Kepala FASYANKES yang menerangkan Anda adalah NAKES dari FASYANKES terkait. Data tersebut dapat dikirimkan melalui email: vaksin@pedulilindungi.id." 

Dalam pernyataan resminya, Menkes mengatakan bahwa bagi masyarakat yang telah mendapatkan SMS, wajib mengikuti program vaksinasi COVID-19 sesuai jadwal yang ditentukan. Namun, pemerintah mengecualikan masyarakat yang tidak memenuhi kriteria penerima vaksin, sesuai dengan indikasi vaksin COVID-19 yang tersedia. 

Infografis; Urutan Penerima Vaksin Covid-19 di Indonesia 
Infografis: Urutan Penerima Vaksin Covid-19 di Indonesia (Liputan6.com)

Dikabarkan oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi

1 komentar :

Lilis Purnama mengatakan...

Butuh Uang?
- Bukan Nipu
- Bukan Money Game
- Bukan MLM
- Bukan Asuransi
- Bukan Saham
- Modal 25 Ribu Bisa Dapat Jutaan
Cuss Klik onoduit.com

WA : +855966210388