Kamis, 26 Desember 2019

"Outbound" Posyandu Lansia Desa Kemlagi Tahun 2019

Foto bersama para kader sebelum berangkat
www.kemlagi.desa.id - Istilah outbound sebetulnya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Namun banyak diantara kita tidak mengetahui apa itu yang disebut dengan istilah ini.  Jika kita menilik dari Wikipedia, maka outbound atau disebut dengan mancakrida adalah bentuk pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen dialam terbuka dengan pendekatan yang unik dan sederhana tetapi efektif, karena pelatihan ini tidak sarat dengan teori-teori melainkan langsung diterapkan. Pendek kata bahwa outbound adalah sebuah program yang dilaksanakan diluar ruangan.

Kegiatan serupa pernah dilaksanakan di tahun 2017 yakni "Gathering" Posyandu Lansia Desa Kemlagi yang dilaksanakan di ekowisata Tanjungan.

Sebagaimana amanat Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, Dan Transmigrasi Nomor 16 Tahun 2018 tentang Perioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2019, yang salah satu prioritasnya adalah untuk mendukung pengelolaan kegiatan pelayanan sosial dasar dibidang kesehatan lebih khusus lagi sub kegiatan posyandu lansia. Dan Pemerintah Desa Kemlagi di tahun 2019 ini mengganggarkan kegiatan outbound ini.

Posyandu Lansia di Desa Kemlagi terdapat 4 (empat) posyandu lansia sesuai jumlah RW (Rukun Warga) yang ada di Desa Kemlagi. Kegiatannya sendiri dilaksanakan setiap 1 (satu) bulan sekali dan dilaksanakan dimasing-masing RW. 
Siap berangkat
Wisata Desa (WD) yang ada di Desa Randugenengan Kec.Dlanggu Kab.Mojokerto merupakan tempat yang dituju untuk kegiatan outbound ini. Dipilihnya lokasi ini karena masih berada diwilayah Kabupaten Mojokerto dan memang banyak bapak dan ibu lansia belum pernah ke tempat ini. Selain desa ini, maka ada desa lain yang dituju sebagai wisata kuliner yakni "Penthol Timbangan" yang ada di Desa Sumengko Kec.Jatirejo Kab.Mojokerto serta wisata budaya dengan mengunjungi patung "Budha Tidur" yang ada di daerah Trowulan Kab.Mojokerto.

Sebelum kegiatan outbound ini dilaksanakan, maka para Kader Posyandu Lansia sebelumnya sudah men-survey lokasi wisata desa agar dalam pelaksanannya nanti berjalan dengan lancar. Kegiatan survey ini lokasi ini juga sudah didokumentasikan dalam akun youtube Desa Kemlagi di https://www.youtube.com/watch?v=yvvJ530p0Fg&t=147s

Siap berangkat
Pagi itu hari Rabu, 25 Desember 2019 sekitar jam 08.00 WIB berangkatlah 11 (sebelas) kendaraan roda 4 (empat) yang terdiri dari 7 (tujuh) sepur kelinci/toya dan 4 (empat) minibus milik warga dan perangkat desa. Total jumlah bapak/ibu lansia ditambah dengan para keder dan juga perangkat desa adalah sekitar dua ratusan orang yang mengikuti pada kegiatan ini.
Senam bersama

Setelah sampai dilokasi wisata desa yang berada di Desa Randugenengan Kec.Dlanggu Kab.Mojokerto ini sekitar jam 09.30 WIB, para lansia langsung diajak untuk melakukan senam bersama (yang instrukturnya sudah menunggu sejak jam 07.00 WIB).
Permainan atau game
Acara dilanjutkan dengan permainan atau game yang dipandu oleh ibu Kepala Desa Kemlagi Nyta Apriantini bersama para kader yakni dengan permainan olah pikir dengan menyebutkan bunyi sila dari Pancasila, siapa nama Kades dan bu Kades Kemlagi serta siapa nama Sekdes dan bu Sekdes Kemlagi yang ditujukan kepada para lansia yang dipilih untuk naik keatas panggung.

Disamping permainan tersebut diatas, kegiatan yang tidak kalah pentingnya adalah tes kesehatan bagi mereka yang dilakukan oleh bidan desa bu Ratna Marlongen.

Kegiatan di wisata desa ini selesai sekitar jam. 12.00 WIB kemudian para lansia diajak untuk menuju desa yang terkenal dengan "Penthol Timbangan"-nya di Desa Sumengko Kec.Jatirejo Kab.Mojokerto. Tujuan dari mengunjungi lokasi ini adalah disamping mereka bisa berbelanja penthol, juga mereka bisa mencontoh cara membuatnya.

Acara dilanjutkan untuk menuju ke wisata budaya "Budha Tidur" di daerah Trowulan, namun sebelumnya para lansia diajak untuk menuju ke masjid atau mushollah melaksanakan shalat duhur.
Patung Budha Tidur
Setibanya di lokasi "Budha Tidur" rombongan para lansia ini disambut dengan hujan rintik-rintik yang membuat suasana menjadi lebih sejuk. Semangat mereka tak mau kalah dengan rombongan dari daerah lain yang meskipun hujan tetap mendekati lokasi patung "Budha Tidur" ini. Untuk menikmati keindahan patung ini, mereka tidak melewatkan kesempatan ini untuk ber-swafoto.

Azan untuk shalat ashar-pun bergema, maka sebelum melanjutkan perjalanan pulang, mereka terlebih dahulu melaksanakan shalat di mushalla yang telah disediakan di sekitar lokasi ini.

Kegiatan outbound ini secara visual bisa juga diakses melalui kanal youtube Desa Kemlagi di:https://www.youtube.com/watch?v=kX4sVmDUocQ&feature=youtu.be

Dikabarkan oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi