Sabtu, 28 Desember 2019

Desa Teraman di Dunia, Taruh Uang di Pinggir Jalan Tak Hilang

www.kemlagi.desa.id - Pencurian, salah satu kejahatan yang banyak menimbulkan kekhawatiran. Apalagi jika pencurian dibarengi dengan aksi nekat pelakunya.

Tetapi, kejahatan tersebut tidak akan terjadi di Eibenthol. Desa indah yang terletak di Pegunungan Banatului, Rumania ini merupakan desa teraman di dunia.

Jangan harap dapat menemukan kantor polisi di desa ini. Sebab, masyarakat tak terlalu membutuhkannya.

Dikutip dari Siakapkeli, penduduk desa ini terkenal tenang dan saling menghormati. Tingkat kejahatan di desa ini sangat rendah, berbanding terbalik dengan kondisi rata-rata di Rumania.

Reputasi Eibenthal sebagai desa bebas pencurian berawal pada 1996. Sejak tahun itu hingga saat ini, penduduk selalu menggantungkan tas belanja dan uang di pagar depan rumah mereka.

Uang itu untuk membeli roti. Setiap kali lewat, pedagang roti lewat, mereka akan mengambil uang dan memasukkan roti beserta kembaliannya, ke dalam tas.

Meski tergantung di depan pagar, tidak ada orang yang berani mengambilnya.

 

 Awal Mula Bisa Aman

 

Bagaimana hal itu bisa terjadi? Awalnya, toko-toko yang menjual barang kebutuhan penduduk tutup sejak revolusi 1989. Kondisi itu memaksa penduduk mencari bahan pangan ke desa sebelah yang jaraknya cukup jauh.

Kondisi itu membuat pengusaha roti prihatin. Akhirnya, disediakan layanan penghantaran roti dengan truk setiap dua hari sekali.

Suatu hari, tercetus ide dari seorang penduduk untuk meninggalkan catatan beserta uang di pinggir jalan. Yakin tidak akan hilang, cara tersebut akhirnya dipakai seluruh penduduk hingga saat ini.

" Kami tidak pernah punya masalah, sama sekali tidak, saya tidak pernah mendengar kabar kehilangan uang atau roti," ujar salah satu warga lansia desa tersebut.

Penduduk juga menghormati harta masing-masing. Mereka juga tidak pernah menjejakkan kaki ke halaman tetangga tanpa izin.

Ketika ada keperluan, mereka akan memanggil pemilik rumah dari depan pagar. Jika tidak ada jawaban, mereka akan pergi.


Dikabarkan oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi