Rabu, 09 Oktober 2019

Mari Kenali Gangguan Jiwa

ilustrasi
www.kemlagi.desa.id - Gangguan jiwa adalah penyakit medis yg memiliki patologi gangguan didalam saraf otak. Gangguan jiwa bisa dialami oleh siapa aja lho, karenanya yuk kenali gejalanya.

Skizofrenia/Psikotik adalah gangguan penilaian realitas yang dicirikan dengan halusinasi, pembicaraan yang tidak nyambung, merasa berbeda, dan disertai perilaku agresif berbahaya seperti merusak dan melukai orang lain.

Depresi adalah perasaan sedih yang mendalam disertai hilangnya semangat dan motivasi, badan mudah lelah, pola tidur dan makan berubah, tidak fokus dan ada keinginan untuk bunuh diri.

Bipolar adalah ganguan mood/perasaan. Mengalami perubahan mood secara drastis, tidak tidur-tidur, belanja berlebihan, melakukan hal yang berisiko.

Cemas/Ansietas didominasi oleh perasaan cemas/khawatir/panik, adanya perubahan pada tubuh seperti nafas cepat dan pendek, jantung berdebar, keringat dingin, nyeri perut, pusing dan penglihatan kabur.

Jika gejala diatas terus terjadi, kamu harus waspada agar jiwa sehatmu tidak terganggu. Caranya dengan deteksi dini agar mudah diobati, sehingga bisa cepat pulih dan produktif kembali. Deteksi dini bisa dilakukan di Puskesmas, rumah sakit, psikiater, psikolog dan RSJ.

Yuk mulai berpikir positif, karena sehat jiwa dimulai dari diri sendiri.


Dikabarkan oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi