Kamis, 14 Februari 2019

Posbindu Linpung (Posbindu Keliling Kampung) di Dusun Kemlagi Utara

Penyuluhan Kesehatan
www.kemlagi.desa.id - Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) merupakan wujud peran serta masyarakat yang bersifat promotif dan preventif dalam kegiatan deteksi dini, monitoring dan tindak lanjut dini faktor risiko PTM secara mandiri dan berkesinambungan. Kegiatan ini dikembangkan sebagai bentuk kewaspadaan dini terhadap PTM mengingat hampir semua faktor risiko PTM tidak memberikan gejala pada yang mengalaminya.

Linpung atau Keliling Kampung adalah upaya Pemerintah Desa Kemlagi dalam mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dengan menempatkan kegiatan di masing-masing RW dan atau dusun.

Tujuan kegiatan Posbindu PTM adalah terlaksananya pencegahan dan pengendalian faktor risiko PTM berbasis peran serta masyarakat secara terpadu, rutin dan periodik. Oleh karena itu sasaran Posbindu PTM cukup luas mencakup semua masyarakat usia 15 tahun ke atas baik itu dengan kondisi sehat, masyarakat berisiko maupun masyarakat dengan kasus PTM.

Bagi sasaran masyarakat dengan kondisi sehat, Posbindu PTM bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan upaya agar tidak sampai menjadi masyarakat yang berisiko terkena penyakit PTM.

Bagi masyarakat berisiko, Posbindu PTM bertujuan untuk mengenali faktor risiko PTM yang ada dan upaya mengurangi jumlah maupun intensitas faktor risiko tersebut agar tidak menjadi penyakit PTM.

Dan untuk masyarakat dengan penyakit PTM, Posbindu PTM bertujuan untuk mengontrol dan menjaga kesehatan secara optimal baik dengan upaya preventif seperti penyuluhan dan kuratif melalui sistem rujukan Posbindu PTM ke Puskesmas.

Posbindu PTM Linpung di tahun 2019, pertemuan pertama di laksanakan di Dusun Kemlagi Utara Desa Kemlagi pada tanggal 3 Februari 2019.
Senam Bersama
Acara di mulai dengan senam bersama, pengukuran Berat Badan, Tinggi Badan, Lingkar Perut, Penghitungan Indeks Massa Tubuh (IMT), Tekanan Darah, dan dilanjut dengan pemeriksaan gula darah, kolesterol, dan atau asam urat, penyuluhan, dan pemberian PMT.
Pemeriksaan GDA, Asam Urat, atau Kolesterol
Pemeriksaan Tekanan Darah
Dari hasil Posbindu PTM Linpung Kemlagi Utara, jumlah yang diperiksa sebanyak 36 orang meliputi pemeriksaan GDA sebanyak 30 orang, Asam urat : 0, Kolesterol : 6 orang. Hasil GDA tinggi sebanyak 4 orang, Kolesterol tinggi sebanyak 3 orang, dan pasien dirujuk sebanyak 1 orang.
Kits Posbindu PTM Desa Kemlagi
Kegiatan rujukan ke fasilitas layanan kesehatan dasar di wilayah Kemlagi dengan pemanfaatan sumber daya tersedia termasuk upaya respon cepat sederhana dalam penanganan pra-rujukan. Salam sehat..

Ditulis oleh Ibu drh. Nyta Apriantini, Ketua TP PKK Desa Kemlagi
Dikabarkan oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi