Sabtu, 02 Februari 2019

Pelatihan Pengolahan Sampah 3R (Reuse, Reduce dan Recycle) di Balai Desa Kemlagi

Pelatihan Pengolahan Sampah, Kemlagi 2 Pebruari 2019
www.kemlagi.desa.id - Bertempat di Balai Desa Kemlagi pada hari Sabtu, 2 Pebruari 2019 yang mulai pukul 09.00 sampai dengan 11.30 WIB telah dilaksanakan Pelatihan Pengolahan Sampah 3R (Reuse, Reduce dan Recycle) yang dihadiri oleh Kepala Desa Kemlagi beserta Perangkat Desa, BPD, LPM, TP PKK, Ketua RT/RW dan tokoh masyarakat.

Kegiatan ini digagas oleh Ketua TP PKK Desa Kemlagi, ibu drh. Nyta Apriantini bekerja sama dengan Bank Sampah Induk "Bintang Semesta Mojopahit" Kabupaten Mojokerto yang dipimpin oleh Bapak Sisyantoko Jl. Tirto Agro No. 79 Trawas Kab. Mojokerto.

Sambutan Kades Kemalgi Abd. Wahab, SE
Kepala Desa Kemlagi Bpk. Abd. Wahab, SE dalam sambutanya menyampaikan bahwa depo yang kita bangun di tanah ganjaran bukan untuk tempat pembuangan sampah, tapi sebagai tempat pengolahan sampah. 
Sedang dibangun tempat pengolahan sampah
Kegiatan pelatihan ini ditujukan agar seluruh warga Desa Kemlagi melalui tokoh-tokoh yang diundang ini dapat menyampaikan kepada masyarakat lainya agar bisa merubah paradigma baru tentang pemanfaatan sampah yang baik, lanjut Bapak Kepala Desa Kemlagi.

Merubah Paradigma
Sisyantoko, selaku narasumber kegiatan ini
Sudah tepat sekali jika sebelum beroperasinya depo pengolahan sampah di tanah ganjaran Desa Kemlagi sudah terbentuk bank Sampah di setiap RW yang ada di Desa Kemlagi, demikian disampaikan Sisyantoko Toko dari Bank Sampah Induk "Bintang Semesta Mojopahit" Kabupaten Mojokerto.
Warga antusias ikuti pelatihan
Merubah paradigma masyarakat perihal sampah tidaklah mudah, maka dengan adanya bank sampah disetiap RW ini dapat membantu merubah pola pikir masyarakat yang sebelumnya sampah hanya di bakar, ditimbun dan bahkan hanya dibuang begitu saja sekarang bisa dimanfaatkan bahkan bisa menghasilkan uang, lanjut Sisyantoko Toko.  

Disamping itu pula tidak kalah pentingnya adanya sosialisasi tentang pengolahan sampah di masyarakat pada setiap kali ada kesempatan atau pertemuan, misalnya di pertemuan RT/RW, tahlilan, muslimatan, yasinan serta pertemuan lainya.
Cak Muryanto Amboon sedang jelaskan jenis-jenis sampah dan harganya
Pada kegiatan pelatihan ini juga disampaikan jenis-jenis sampah yang bisa dimanfaatkan lagi terutama yang bisa di-uangkan kembali serta dijelaskan pula harga setiap jenis sampah yang disampaikan oleh Cak Muryanto Amboon dari Bank Sampah Induk "Bintang Semesta Mojopahit" Kabupaten Mojokerto.
Simulasi bank sampah
Untuk lebih memantabkan tugas dari pengelola bank sampah, maka pada kesempatan ini juga dilakukan simulasi bank sampah yang terdiri dari 3 (tiga) petugas bank sampah yang meliputi meja 1 untuk absensi, meja 2 untuk menimbang barang/sampah dan meja 3 untuk menentukan nilai atau nominal dari sampah yang dikirimkan.
Sisyantoko bagikan buku kepada pengelola bank sampah

Kades Abd. Wahab, SE bagikan timbangan dan sak atau kantong kepada pengelola bank sampah
Pada kesempatan tersebut juga dibagikan perlengkapan bank sampah kepada pengelolanya untuk masing-masing lingkungan RW.

Dikabarkan oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi