Kamis, 27 Desember 2018

Aktifitas TP PKK Desa Kemlagi Peringati Hari Ibu Tahun 2018

Sambutan Ny. Susiati Tri Cahyo Harianto (Bu Camat Kemlagi-Ketua TP PKK Kec.Kemlagi)
www.kemlagi.desa.id - Hari Ibu adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya.

Hari Ibu di Indonesia dirayakan secara nasional pada tanggal 22 Desember. Tanggal ini diresmikan oleh Presiden Soekarno di bawah Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928. Tanggal tersebut dipilih untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara.
TP PKK Desa Kemlagi
Hari Ibu di Indonesia dirayakan pada ulang tahun hari pembukaan Kongres Perempuan Indonesia yang pertama, yang digelar dari 22 hingga 25 Desember 1928. Kongres ini diselenggarakan di sebuah gedung bernama Dalem Jayadipuran,yang kini merupakan kantor Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional di Jl. Brigjen Katamso, Yogyakarta. Kongres ini dihadiri sekitar 30 organisasi wanita dari 12 kota di Jawa dan Sumatera. 

Di Indonesia, organisasi wanita telah ada sejak 1912, terinspirasi oleh pahlawan-pahlawan wanita Indonesia pada abad ke-19 seperti Kartini, Martha Christina Tiahahu, Cut Nyak Meutia, Maria Walanda Maramis, Dewi Sartika, Nyai Ahmad Dahlan, Rasuna Said, dan sebagainya.Kongres dimaksudkan untuk meningkatkan hak-hak perempuan di bidang pendidikan dan pernikahan.
Ibu Ketua TP PKK Desa Kemlagi (Gendong Anak) Beserta Anggota
Hari tersebut kini diperingati dengan menyatakan rasa cinta terhadap kaum ibu. Orang-orang saling bertukar hadiah dan menyelenggarakan berbagai acara dan kompetisi, seperti lomba memasak , merangkai buah, memakai kebaya, dan lain-lain.

Pleno PKK Kecamatan dan Dharma Wanita Persatuan Kecamatan Kemlagi diadakan pada hari Rabu, 26 Desember 2018, bertepatan dengan peringatan hari ibu ke-90. Bertempat di pendopo Kecamatan Kemlagi diadakan lomba mengupas dan menghias buah yang diikuti 20 desa se-kecamatan Kemlagi.
Hasil Karya Mengupas dan Menghias Buah
Hasil Karya Mengupas dan Menghias Buah
Juga dibagikan doorprize untuk games-games menarik, seperti doorprize bagi ibu-ibu yang membawa foto suami, bagi peserta yang datang ke lokasi acara tepat waktu, bagi peserta yang membawa sapu tangan merah muda atau biru, juga bagi peserta dengan balasan WA tercepat dari suami.

Mengupas dan Menghias Semangka oleh Ibu Siti Lam'ah Satta - TP PKK Desa Kemlagi

Untuk lomba mengupas dan menghias buah diwakili oleh ibu Siti Lam'ah dari Kemlagi Selatan, dengan menampilkan ukiran buah semangka berisi beraneka macam buah.

Kategori ibu yang membawa foto suami dimenangkan salah satunya oleh ibu Daryati, Kemlagi Timur. Sementara ibu dengan balasan WA tercepat dimenangkan oleh ibu Dewi Nur Aini, dari Kemlagi Utara.
Ketua TP PKK Kec.Kemlagi besrta anggota
Di dalam sambutannya, Bapak Camat Kemlagi, Bpk. Tri Cahyo Harianto mengajak para ibu untuk smart di era teknologi ini, sementara ibu Ketua Penggerak PKK Kecamatan Kemlagi, Ibu Susiati Tri Cahyo Harianto, mengajak para ibu untuk selalu ingat dan  menyayangi ibu, setiap saat, tidak hanya saat hari ibu saja.

Semoga semangat para ibu bisa menginspirasi kita semua.

Ditulis oleh drh, Nyta Apriantini - Ketua TP PKK Desa Kemlagi
Dikabarkan oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi

0 komentar :