Sabtu, 17 November 2018

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 2018 di Desa Kemlagi

Ceramah Agama oleh KH. Khusaini Ilyas - Mojokerto
www.kemlagi.desa.id - Pada pembahasan kali ini KH Khusaini Ilyas lebih tertarik membahas tentang roh mutafarriqoh. Hal ini berkaitan dengan peringatan maulid nabi, yang dimaksud dengan roh mutafarriqoh adalah  roh dari calon bayi yang dapat berkomunikasi dengan orang yang sudah hidup di dunia ini.

 
Kedatangan warga Desa Kemlagi hadiri peringatan maulid nabi

Dikisahkan bahwa seorang anak raja yang bernama Kabil Akbar bertemu dengan Nabi Muhammad SAW (padahal saat itu 500 tahun sebelum nabi lahir). Bahkan Nabi Muhammad SAW menyampaikan bahwa Kabil Akbar merupakan umatnya yang pertama.

KH Khusaini Ilyas menutup tausiyahnya dengan kesimpulan bahwa jika kita setiap tahun memperingati kelahiran nabi, maka mudah-mudahan di akherat nanti kita mendapatkan syafaat dari Rasulloh SAW.

Itulah cuplikan ceramah agama oleh KH Khusaini Ilyas pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada hari Jumat 16 Nopember 2018 di depan Balai Desa Kemlagi.

Semaan Al-Qur'an
Kegiatan yang dimulai setelah shalat subuh sampai malam hari ini berlangsung sukses berkat dukungan seluruh komponen masyarakat Desa Kemlagi, Majelis Semaan Al-Qur'an, Dzikrul Ghofilin, Sinar Bulan, Ranting NU, Ta'mir masjid dan remaja masjidnya.

Dzikrul Ghofilin
Rangkaian kegiatan maulid nabi kali ini, meliputi :
  1. Semaan Al-Qur'an yang dimulai setelah shalat subuh sampai dengan jelang shalat maghrib;
  2. Dzikrul Ghofilin dilaksanakan setelah shalat maghrib dan setelah shalat isya; dan 
  3. Ceramah agama oleh KH Khusaini Ilyas-Mojokerto dan KH Warto Khabib-Lamongan
Tiga Pilar Kec.Kemlagi bersama Tokoh Masyarakat
Kepala Desa Kemlagi, Abd.Wahab,SE menyampaikan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat Desa Kemlagi dan lembaga kemasyarakatan maupun lembaga agama yang telah membantu suksesnya acara ini.

Sementara itu sambutan Camat Kemlagi yang diwakili oleh staf Polsek Kemlagi menyampaikan bahwa kondisi di Kemlagi saat ini dalam keadaan yang kondusif, untuk itu mari kita jaga dan pertahankan.

Lebih lanjut masyarakat dihimbau untuk segera melapor kepada pihak yang berwajib jika terjadi hal-hal tidak diinginkan termasuk juga untuk peka terhadap berita hoax atau berita yang tidak benar. Menghadapi Pemilu 2019 ini diharapkan juga seluruh masyarakat untuk mensukseskannya.

Ceramah Agama oleh KH Warto Khabib-Lamongan
KH Warto Khabib dalam ceramahnya menyampaikan bahwa dalam rangka kita peringati maulid nabi ini, hendaknya kita sering-sering untuk bersodaqoh.

Sodaqoh ada 2 (dua) macam, sodaqoh lahiriyah dan sodaqoh rohani. Sodaqoh lahir misalnya kita sumbangkan nasi bungkus  untuk kegiatan semacam ini.

Sedangkan sodaqoh rohani misalnya kita selalu dzikir kepada Allah SWT dengan dzkir atau amalan sesuai hari kelahiran.  Misalnya kita lahir pada hari Jumat, maka dzikir yang cocok kita amalkan adalah dengan membaca ya khafiyu ya mughni dan seterusnya.

Dikabarkan oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi