Selasa, 27 November 2018

Peningkatan Kapasitas dan Study Banding Kelembagaan ke Desa Pujon Kidul (Desa Wisata)

Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Desa Kemlagi
www.kemlagi.desa.id - Desa Pujon Kidul Kec.Pujon Kab.Malang Prov.Jawa Timur merupakan salah satu desa yang berhasil mengembangkan desanya menjadi desa wisata. Dibawah kepemimpinan Udi Hartoko (Kepala Desa Pujon Kidul) yang saat ini sudah menjabat sebagai kepala desa untuk periode kedua. 

Udi Hartoko - Kades Pujon Kidul
Udi Hartoko - sang Kepala Desa (tentunya bersama warganya) berhasil menyulap desa ini dari desa tertinggal menjadi desa mandiri (seperti yang kita lihat saat ini).

Sudah menjadi kebiasaan pemuda yang ada di desanya, bahwa banyak pemuda yang adu ayam, mabuk-mabukan dan bahkan ada yang berniat mencari pekerjaan ke kota.

Atas kondisi tersebut, Udi Hartoko tergerak hatinya untuk membantu permasalahan yang dihadapi warganya. Langkah selanjutnya adalah mengajak warganya untuk berkumpul di balai pertemuan desa memecahkan permasalahan yang sedang mereka hadapi. Dan mereka sepakat untuk membuat yang namanya "cafe sawah".

Masih menurut Udi Hartoko, bahwa kesuksesan membangun desanya adalah karena 2 (dua) hal, yang pertama adalah kesungguhan dan yang kedua adalah kesabaran.  Dua kata kunci inilah yang membawa keberhasilan pembangunan desa dan khususnya "cafe sawah",keberhasilan ini dinikmati oleh seluruh masyarakat Desa Pujon Kidul.

Kesuksesan sang kepala desa beserta warganya inilah yang menjadikan Desa Kemlagi berkeinginan untuk belajar atau study banding ke desa tersebut.

Rombongan 2 (dua) bus siap berangkat
Pada hari Sabtu, 24 Nopember 2018 tepat pukul 06.00 WIB berangkatlah 2 (dua) bus yang membawa rombongan dari Desa Kemlagi menuju ke Desa Pujon Kidul Kec.Pujon Kab.Malang.  Rombongan ini terdiri dari Kepala Desa dan Perangkat Desa beserta istri, BPD, RT-RW, PKK, LPM, BUMDes, Pengelola Pasar Raya Kemlagi serta kader kesehatan.

Antusias dengarkan penjelasan narasumber
Sekitar pukul 10.00 WIB rombongan dari Desa Kemlagi sudah tiba di depan Kantor Desa Pujon Kidul dan rombongan langsung menuju Balai Pertemuan Desa Pujon Kidul disambut oleh salah seorang perangkat desa setempat yakni Kepala Dusun Maron Bpk. Suhartono.

Suhartono-Kepala Dusun Maron sedang paparkan tentang Desa Pujon Kidul
Suhartono yang bisa dipanggil Pakwo Hartono ini menjelaskan bahwa sebelum desa ini melakukan pembangunan, Desa Pujon Kidul bekerja sama dengan TNI-AD untuk melakukan mapping atau membuat peta desa secara lengkap, artinya peta yang sudah dilengkapi dengan titik koordinatnya.

Peningkatan Kapasitas Pemerintah Desa dan BPD Desa Kemlagi
Peningkatan Kapasitas LPMD Desa Kemlagi
Selanjutnya Pakwo Hartono menjelaskan bahwa untuk mengetahui permasalahan dan apa yang diinginkan warga, mereka selalu mengadakan musyawarah dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat tanpa terkecuali dan dimulai dari tingkatan RT. Dari hasil kesepakatan atau musyawarah ini mereka menuangkan dalam rencana pembangunan.

Peningkatan kapasitas dan study banding PKK Desa Kemlagi
Bahkan dalam menjalankan sistem keterbukaan, Pemerintah Desa senantiasa melibatkan seluruh komponen masyarakat desa di mulai saat perencanaan, saat pelaksanaan maupun dalam pertanggungjawabannya. Disamping itu pula untuk menunjang kegiatan pembangunan di desa ini, mereka juga membuat semacam aplikasi yang di beri nama Sistem Informasi Elektronika atau website sie.pujonkidul.desa.id lanjut Pakwo Hartono.

Antusias dengarkan penjelasan profil Desa Pujon Kidul
Dari kunjungan ke desa wisata Desa Pujon Kidul ini, ada satu kesimpulan yang patut kita cermati dan contoh yakni bahwa masyarakat Desa Pujon Kidul merasa memiliki desanya, sehingga setiap saat mereka siap sedia untuk berkorban demi kemajuan desanya. 

Cafe Sawah
Kades Kemlagi beserta Perangkat Desa
PKK dan Kader Kesehatan
Dikabarkan oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi