Kamis, 22 November 2018

Dibalik Layar Pengambilan Gambar Program Inovasi Desa 2018 di Desa Kemlagi

behind the scene Testinomi Kades
www.kemlagi.desa.id - Sesuai dengan Keputusan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 48 tahun 2018 tentang Pedoman Umum Program Inovasi Desa.

Dalam keputusan menteri tersebut diatas, ada 3 (tiga) issu atau sasaran yang diangkat dalam upaya untuk menjadikan desa mandiri, meliputi :
  1. Pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, baik pada ranah pengembangan usaha masyarakat, maupun usaha yang diprakarsai Desa melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa), serta Produk Unggulan Desa (Prudes) dan Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) guna menggerakkan dan mengembangkan perekonomian Desa;
  2. Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Kaitan antara produktivitas perdesaan dengan kualitas SDM ini, diharapkan terjadi dalam jangka pendek maupun jangka panjang melalui investasi di bidang pendidikan dan kesehatan dasar; dan
  3. Pemenuhan dan peningkatan infrastruktur perdesaan, khususnya yang secara langsung berpengaruh terhadap perkembangan perekonomian Desa, dan memiliki dampat menguat-rekatkan kohesi sosial masyarakaty perdesaan.
Program Inovasi Desa secara umum bertujuan untuk mendorong penggunaan Dana Desa yang lebih berkualitas, efektif dan efisien melalui kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa yang lebih inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat Desa.

Sedangkan lokasi kegiatan ini ditetapkan diseluruh kecamatan pada 434 kabupaten/kota di 33 provinsi (kecuali Provinsi DKI Jakarta) dan sebagai program pilot inkubasi inovasi desa dilaksanakan di 500 Desa.


Berkaitan dengan hal tersebut diatas dan Desa Kemlagi Kec.Kemlagi Kab.Mojokerto termasuk desa yang menjadi sasaran Program Inovasi Desa (terutama kegiatan peningkatan kualitas SDM), maka pada hari Selasa tanggal 20 Nopember 2018 telah dilaksanakan pengambilan gambar (shooting) oleh tim dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dibeberapa tempat yang ada di Desa Kemlagi.

Pengambilan gambar di Posyandu Kemlagi Barat
Pada pagi hari sekitar jam 7.00 WIB pengambilan gambar dilaksanakan di posyandu yang ada di Kemlagi Barat, dilanjutkan jam 9.00 WIB bertempat di Kemlagi Utara (kawasan Perhutani) dengan kegiatan senam, dilanjut makan nasi jagung bersama, pengambilan gambar testimoni Ketua TP PKK Desa Kemlagi ibu drh, Nyta Apriantini. Ditempat yang sama juga dilakukan pengambilan gambar ibu-ibu yang sedang menganyam kerajinan tangan (handy craft) yang berbahan dasar dari eceng gondok.

Behind the scene senam lansia

Pengambilan gambar senam lansia
Makan nasi jagung bersama
Bibit tanaman
Tidak hanya berhenti sampai disitu, kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi Balai Pengelolaan DAS dan Hutan Lindung Brantas yang tidak jauh dari lokasi kegiatan sebelumnya. Di tempat ini ibu-ibu dan bapak-bapak yang mengikuti kegiatan senam dipersilahkan untuk mengambil bibit tanaman untuk di tanam di pekarangan rumah masing-masing.

Pelayanan Poskesdes
Kegiatan selanjutnya berlangsung di Balai Desa Kemlagi dengan agenda kegiatan pengambilan gambar Balai Desa Kemlagi lewat udara dengan fasilitas teknologi drone yang berkamera. Kegiatan pengambilan gambar balai desa ini bersamaan dengan pengambilan gambar kegiatan pelayanan Poskesdes.
Pengambilan gambar dengan teknologi drone

Testinomi Kades didampingi Perangkat Desa
Behind the scene Testimoni Kades didampingi Perangkat Desa

Kegiatan terakhir dibalai desa adalah pengambilan gambar penyampaian testimoni oleh Kepala Desa Kemlagi, Bapak Abd. Wahab, SE dengan didampingi perangkat desa mengenai penggunaann Dana Desa Tahun 2018 khususnya untuk kegiatan dibidang kesehatan masyarakat.


Dikabarkan oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi

0 komentar :