Sabtu, 14 Juli 2018

"Sinergi Pemerintah Desa Kemlagi - Rumah Zakat Indonesia Dalam Upaya Pemantauan Tumbuh Kembang Balita"

Pemberian bantuan APE di Posyandu Cerme, Kemlagi Barat
www.kemlagi.desa.id - Seribu hari pertama dalam kehidupan seorang anak - dimulai sejak terbentuknya janin di dalam kandungan hingga anak berusia 2 tahun  - merupakan jendela peluang yang besar untuk membangun fondasi kesehatan jangka panjang anak tersebut.

Ibu bidan desa, Ratna Marlongen, bersama kader Posyandu Balita dan kader BKB
Pemberian nutrisi yang baik dan pembentukan kebiasaan hidup sehat selama periode kritis ini sangatlah penting. Memastikan tersedianya nutrisi yang tepat selama seribu hari pertama memiliki dampak yang besar pada masa depan anak. Pemberian nutrisi yang baik membuka potensi untuk menyelamatkan jutaan nyawa di seluruh dunia setiap tahunnya, dengan mengurangi kondisi-kondisi kesehatan seperti kekurangan gizi, pendek, obesitas dan diabetes.

ilustrasi
Posyandu balita merupakan salah satu wujud peran serta masyarakat dalam pembangunan di bidang kesehatan. Posyandu memiliki peran yang sangat penting dalam sistem penyelenggaraan pelayanan dasar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan merupakan lini terdepan dari deteksi dini tumbuh kembang balita yang dilakukan oleh masyarakat.

Kegiatan ORI
Pemantauan tumbuh kembang balita merupakan salah satu kegiatan utama di posyandu,yang meliputi:
  • Penimbangan balita setiap bulan 
  • Pemantauan perkembangan balita
Bantuan Peningkatan Makanan Tambahan di Posyandu Cerme, Kemlagi Barat
Untuk meningkatkan status gizi balita, ada 2 jenis PMT yang diberikan di posyandu, yaitu :
  • PMT penyuluhan yaitu pemberian makanan tambahan yang ditujukan untuk memberikan contoh pada orang tua balita bagaimana menyiapkan makanan yang baik dan benar serta bergizi seimbang. PMT diutamakan terbuat dari bahan makanan yang mudah didapat di wilayah masing- masing (bahan makanan lokal).
  • PMT pemulihan yaitu makanan yang diberikan bagi kelompok golongan rawan gizi yang telah diperhitungkan nilai gizinya sesuai dengan kebutuhannya agar dapat terpenuhi kebutuhan gizi untuk menambah asupan zat gizi guna memenuhi zat gizi yang kurang dalam tubuhnya
Dalam rangka mendukung upaya-upaya tersebut, Pemerintah Desa Kemlagi bersinergi dengan Rumah Zakat Indonesia melalui Program Siaga Posyandu.

Anak-anak antusias dan bergembira melakukan aktifitas bersama dengan APE
Selain PMT, Rumah Zakat Indonesia diwakili oleh Bpk. Fatoni juga menyerahkan bantuan APE berupa bak mandi bola, kubus geometri, dan mainan buah-buahan bagi Posyandu Cerme, Kemlagi Barat.

Semoga kegiatan ini memberikan manfaat dan kontribusi bagi peningkatan kualitas pelayanan Posyandu di Desa Kemlagi.

Salam sehat
Ketua TP PKK Desa Kemlagi drh, Nyta Apriantini