Sabtu, 02 Juni 2018

Posyandu, Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat

Salah satu kegiatan Posyandu di Desa Kemlagi
www.kemlagi.desa.id - Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) yang dikelola dari, oleh, untuk, dan bersama masyarakat, guna memberdayakan masyarakat dan memberikan kemudahan kepada masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar, bagi ibu, bayi dan anak balita

Kegiatan Posyandu terdiri dari kegiatan utama dan kegiatan pengembangan/pilihan. Kegiatan utama, mencakup;

1. Kesehatan ibu dan anak;
2. Keluarga berencana;
3. Imunisasi;
4. Gizi;
5. Pencegahan dan penanggulangan diare.

Terdapat kegiatan pilihan/pengembangan, dimana masyarakat dapat menambah kegiatan baru disamping 5 kegiatan utama yang telah ditetapkan, dinamakan Posyandu Terintegrasi.

Posyandu Cerme, Kemlagi Barat merupakan salah satu posyandu di Desa Kemlagi yang melakukan beberapa kegiatan pengembangan dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan posyandu.

Cara timbang balita yang unik, membuat balita senang untuk ditimbang
"Kebun Balita", yakni program inovasi dengan memanfaatkan pekarangan atau lahan kosong di sekitar posyandu, serta pemanfaatan polybag ditanami buah dan sayuran. Hasilnya, menambah nilai gizi makanan balita.

Tabungan Balita, mengajarkan anak gemar menabung sejak dini
"Tabungan Balita", mengajak balita mengenali dan gemar menabung sejak dini. Dikordinir kader pembimbing, balita memiliki celengan yang nanti bisa dipakai untuk biaya masuk TK PAUD, tabungan dibuka bersama-sama saat musim pendaftaran sekolah, bulan Juli.

Kegiatan bank sampah di Posyandu, ibu balita bisa menabung di di bank sampah
"Bank Sampah", di Posyandu, ibu balita bisa membawa sampah dengan jenis sampah yang bisa didaur ulang,untuk kemudian hasil penjualan ditabung di bank sampah atau di tabungan balita.

Kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB) dikelompokan berdasarkan umur untuk memantau tumbuh kembang anak.
Diisi juga juga dengan kegiatan ketrampilan dan kegiatan pendukung lanya.
"Bina Keluarga Balita", ibu balita dikelompokkan berdasarkan umur,dipandu oleh masing-masing kader,untuk mendapatkan materi tumbuh kembang anak,pengolahan sampah misal bagaimana membuat APE dari sampah,aneka macam ketrampilan, dan lain-lain

Pembelajaran Balita yang didampingi oleh kader
Selain ibu balita,balita juga didampingi kader melakukan pembelajaran sesuai dengan tingkat perkembangan umur.

Warung Posyandu, menyediakan aneka kebutuhan keluarga sehari-hari
"Warung Posyandu", menyediakan kebutuhan rumah tangga, semisal makanan, sayuran, sembako, dan aneka kerajinan buatan ibu balita sendiri. Diharapkan kegiatan ini bisa menambah ekonomi keluarga.

Taman baca "Cinta Buku" meningkatkan minat baca sejak dini
Dan, terbaru pada Sabtu, 26 Mei 2018 telah diresmikan Taman Baca "Cinta Buku", kerjasama Pemerintah Desa Kemlagi dengan Rumah Zakat dalam rangka menumbuhkan semangat dan cinta buku sejak dini. Kerjasama tersebut akan berlanjut dengan program inovatif yang lain.

Menu PMT yang sehat dan semakin variatif
Diharapkan semakin hari keberadaan posyandu semakin memberi nilai pada masyarakat Desa Kemlagi. Salam Sehat.

Ditulis oleh Ketua TP PKK Desa Kemlagi drh, Nyta Apriantini