Kamis, 10 Mei 2018

KIM Guyub Rukun Desa Kemlagi Wakili Kabupaten Mojokerto Ikuti LCCK Provinsi Jawa Timur

KIM Guyub Rukun Desa Kemlagi saat ikuti LCCK (Lomba Cerdik Cermat Kominfo) Jawa Timur yang bertempat di aula Kantor Kominfo Provinsi Jawa Timur
www.kemlagi.desa.id - Sebuah komunitas yang sebagian besar dikelola oleh anak muda Desa Kemlagi dalam wadah Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang diberi nama "KIM Guyub Rukun Desa Kemlagi" di tahun 2018 ini mewakili Kabupaten Mojokerto untuk mengikuti ajang LCCK (Lomba Cerdik Cermat Komunikatif) tingkat Provinsi Jawa Timur.

Jawa Timur merupakan provinsi dengan jumlah KIM terbesar Se-Indonesia. Dibutuhkan metode pembinaan yang efektif untuk menumbuhkan KIM dan menjaga eksistensi KIM yang sudah ada. 

Salah satu metode pembinaan yang efektif adalah dengan menyelenggarakan kompetisi secara berjenjang. Selain itu diperlukan penekanan dan target capaian secara berkala untuk mengevaluasi hasil pembinaan tersebut. Salah satu bentuk kompetisi secara berjenjang tersebut adalah menyelenggarakan Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK). 

Lomba ini dapat dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten/Kota untuk tingkatan kabupaten/kota dan oleh Pemerintah Provinsi untuk tingkat Provinsi. 

Pada tahun 2018 ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan LCCK Tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan dalam 2 tahap yaitu :

  1. Tahap seleksi verifikasi administrasi akan diikuti oleh seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Timur untuk mendapatkan KIM terbaik sejumlah 16 besar. 
  2. Tahap selanjutnya, KIM 16 besar akan diikutkan pada Lomba Cerdik Cermat Komunikatif (LCCK) tingkat Provinsi yang dikelompokkan dalam 4 group dengan cara pengundian, dengan jadwal pelaksanaan yang akan ditentukan kemudian (bulan Mei – Juli 2018).
Sekilas Tentang KIM

KIM sebagai komunitas masyarakat informasi yang tumbuh dan berkembang di tengah – tengah kehidupan masyarakat khususnya di Indonesia merupakan masyarakat sadar informasi yang diharapkan dapat berperan menjadi fasilitator untuk menjembatani kesenjangan komunikasi dan informasi yang terjadi antara pemerintah dengan masyarakat (top down) atau sebaliknya antara masyarakat dan pemerintah (bottom up).

KIM sebagai agen informasi, berperan aktif mendistribusikan informasi yang perlu diketahui oleh masyarakat, sehingga masyarakat dapat melakukan langkah antisipatif yang bermanfataan untuk menopang aktivitas mereka.

Jejaring sosial yang dimiliki oleh KIM Guyub Rukun Desa Kemlagi adalah :

  1. website http://kimguyubrukun.blogspot.co.id/
  2. facebook Kim Guyub Rukun
Sumber http://kim.jatimprov.go.id/