Minggu, 06 Mei 2018

Gernasbaku (Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku) di Desa Kemlagi

Kegiatan Gernasbaku Tahun 2018 di Desa Kemlagi
www.kemlagi.desa.id - Gernasbaku (Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku) merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia pada hari Sabtu tanggal 5 Mei 2018, untuk Desa Kemlagi Kec.Kemlagi Kab.Mojokerto kegiatan ini dilaksnanakan di Balai Desa Kemlagi.
Menyanyikan jinggel "Gernasbaku"

Hadir dalam acara tersebut Camat Kemlagi, Bpk Tri Cahyo Harianto, S.Sos, Kepala Desa Kemlagi Bpk. Abd Wahab, SE beserta perangkat desa, Bunda PAUD Desa Kemlagi ibu drh, Nyta Apriantini beserta TP PKK Desa Kemlagi, KB TK Pembina beserta guru dan wali muridnya, KB RA Miftahul Ulum beserta guru dan wali muridnya.
Sambutan Camat Kemlagi, Tri Cahyo Harianto, S.Sos
Camat Kemlagi dalam sambutannya menyampaikan bahwa Gernasbaku merupakan gerakan yang dilaksanakan pada hari ini secara serentak diseluruh Indonesia. Lebih lanjut Camat Kemlagi menyampaikan bahwa secara keseluruhan orang Indonesia bisa dikatakan minim dalam hal membaca buku, disamping itu pula etika dan moralitas generasi muda saat ini sudah sangat memprihatinkan. Maka dengan adanya gerakan ini, pengetahuan kita dan pengetahuan anak-anak akan bertambah, sehingga dalam pergaulan sehari-hari anak-anak kita akan mengetahui mana etika atau norma yang sesuai dengan aturan dan mana yang tidak sesuai.

Seorang wali murid PAUD Miftahul Ulum Kemlagi sedang bacakan buku
Abd. Wahab, SE selaku Kepala Desa Kemlagi mengharap agar para orangtua mendampingi anaknya dalam waktu belajar dirumah dan tidak menutup kemungkinan nantinya Desa Kemlagi akan mengeluarkan peraturan tentang jam wajib belajar seperti yang selama ini sudah berlaku di wilayah Kota Mojokerto.

Seorang wali murid PAUD Pembina Kemlagi sedang bacakan buku
Lebih lanjut Kepala Desa Kemlagi menyampaikan bahwa nantinya dimasing-masing posyandu akan diadakan pengadaan buku bacaan yang dapat dimanfaatkan oleh ibu-ibu dan anak-anak yang berkunjung ke posyandu.

Para wali murid KB PAUD Miftahul Ulum sedang bacakan buku
Sementara itu Bunda PAUD Desa Kemlagi ibu drh, Nyta Apriantini menyampaikan bahwa Gernasbaku merupakan gerakan untuk mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan di rumah, dan di masyarakat.

Para wali murid KB PAUD Pembina sedang bacakan buku
Tujuan Gernasbaku adalah membiasakan orang tua membacakan buku bersama anak, mempererat hubungan sosial-emosi antara anak dan orang tua, serta menumbuhkan minat baca anak sejak dini, lanjut drh. Nyta Apriantini.

Dilaporkan oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi