Senin, 28 Mei 2018

Desa Kemlagi, Menumbuhkan Minat Baca Sejak Usia Dini

Sambutan Kades Kemlagi Abd. Wahab, SE saat resmikan Taman Baca "Cinta Buku"
www.kemlagi.desa.id - Masalah minat baca sampai saat ini masih menjadi tema yang cukup aktual. Tema ini sering dijadikan topik pertemuan ilmiah dan diskusi oleh para pemerhati dan para pakar yang peduli terhadap perkembangan minat baca di Indonesia. Namun hasil dari pertemuan-pertemuan ilmiah tersebut belum memberikan suatu rekomendasi yang tepat bagi perkembangan yang signifikan terhadap minat baca masyarakat. 

Sambutan Relawan Rumah Zakat Fatoni
Permasalahan yang dirasakan oleh bangsa Indonesia sampai saat ini adalah adanya data berdasarkan temuan penelitian dan pengamatan yang menunjukkan bahwa minat baca masyarakat Indonesia relatif masih sangat rendah. 

Sambutan Ketua TP PKK drh, Nyta Apriantini
Ada beberapa indikator yang menunjukkan masih rendahnya minat baca masyarakat Indonesia. Rendahnya budaya membaca ini juga dirasakan pada pelajar dan mahasiswa. 

Bros Taman Baca "Cinta Buku"
Perpustakaan di sekolah/kampus yang ada jarang dimanfaatkan secara optimal oleh siswa/mahasiswa. Demikian pula perpustakaan umum yang ada di setiap kota/kabupaten yang tersebar di nusantara ini, pengunjungnya relatif tidak begitu banyak. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia belum mempunyai budaya membaca. Sehingga wajar apabila Indeks Sumber Daya Manusia bangsa Indonesia juga rendah.

Kades Abd. Wahab, SE dan Relawan Rumah Zakat Fatoni
ikut menyemangati anak-anak untuk suka baca buku
Upaya menumbuhkan minat baca bukannya tidak dilakukan. Pemerintah melalui lembaga yang relevan telah mencanangkan program minat baca. Hanya saja yang dilakukan oleh pemerintah maupun institusi swasta untuk menumbuhkan minat baca belum optimal. Oleh karena itu, agar bangsa Indonesia dapat mengejar kemajuan yang telah dicapai oleh negara-negara tetangga, perlu menumbuhkan minat baca sejak dini. Sejak mereka mulai dapat membaca. Dengan menumbuhkan minat baca sejak anak-anak masih dini, diharapkan budaya membaca masyarakat Indonesia dapat ditingkatkan.

Foto bersama Kades, Relawan Rumah Zakat, Kader Posyandu dan ana-anak
Untuk menggiatkan minat baca anak-anak di Desa Kemlagi, Pemerintah Desa Kemlagi bekerjasama dengan Rumah Zakat yang ada di Desa Kemlagi mendirikan taman baca anak-anak yang diberi nama Taman Baca "Cinta Buku" 

Bidan Desa foto bersama anak-anak di depan rak buku bantuan Rumah Zakat
Taman baca tersebut diresmikan oleh Kepala Desa Kemlagi Bpk. Abd. Wahab, SE pada hari Sabtu, 26 Mei 2018 tepatnya di Posyandu Cerme Kemlagi Barat.

Dikabarkan oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi