Rabu, 07 Maret 2018

Mendongeng, Upaya Menumbuhkembangkan Tradisi Warisan Leluhur

Kader Posyandu Balita dan Lansia
www.kemlagi.desa.id - Seiring perkembangan zaman, banyak orang tua yang meninggalkan budaya mendongeng untuk anak. Kini, para orang tua lebih memanfaatkan teknologi digital untuk menghibur buah hati mereka daripada mendongeng menggunakan buku bacaan. 

Padahal, dongeng yang dikisahkan langsung dari mulut orang tua merupakan hiburan yang tepat untuk anak.Selain menghibur, membacakan dongeng anak juga memiliki banyak manfaat yang bisa membantu tumbuh kembang anak di masa mendatang.

Beberapa manfaat mendongeng untuk anak:
  • Memperkaya kosakata anak.
  • Mendengarkan sebuah cerita bisa menstimulasi daya imajinasi Si Kecil.
  • Melatih kemampuan mendengar.
  • Meningkatkan kemampuannya berkomunikasi.
  • Meningkatkan interaksi verbal antara Anda dan Si Kecil.
  • Mengajarkan padanya tentang konsep cerita, angka, huruf, warna, dan bentuk.
  • Memberikan informasi tentang dunia di sekitarnya.
Usai membacakan dongeng, Anda bisa bertanya kepada anak mengenai cerita tersebut atau membiarkannya untuk bercerita. Hal ini bermanfaat untuk melatih daya ingatnya.

Kader Kemlagi Barat dan Boneka Tangan 
 Saat mendongeng, Anda dan Si Kecil bisa berpelukan, tertawa bersama dan bermanja-manja. Hal itu bisa mempererat hubungan antara orang tua dan anak.

Dongeng memiliki manfaat untuk mengajarkan tentang emosi pada Si Kecil.

Kader Kemlagi Utara dan Boneka Tangan
Namun ingat, hindari memberikan dongeng kepada anak melalui perantara teknologi. Contohnya, membiarkan anak menonton cerita melalui televisi atau mengunduh aplikasi dongeng pada gadget, lalu membiarkannya melihat dan mendengar cerita melalui layar. Karena Si Kecil perlu merasakan hubungan emosional dengan kata-kata yang diucapkan, jadi jauhi dongeng pada gadget.

Selain itu, dongeng digital bisa membuat anak kehilangan daya imajinasi dan kemampuan berpikir karena dia hanya diberi sebuah tontonan saja.

Kader Kemlagi Timur dan Boneka Tangan
Pemerintah Desa Kemlagi dalam kaitannya menumbuh kembangkan tradisi dongeng ini mensupport Posyandu berupa bantuan berupa boneka tangan. Diharapkan Posyandu senantiasa menjadi mitra masyarakat dalam hal pelayanan kesehatan dan pendidikan.

Boneka Tangan
Demikian juga, dalam rangka menyambut hari dongeng internasional yang diperingati pada tanggal 20 Maret, akan digelar kegiatan bertajuk "Lansia Mendongeng" yang akan dilaksanakan di masing-masing Posyandu Lansia di bulan Maret, juga kegiatan mendongeng di masing-masing Posyandu Balita pada bulan April.

Boneka Tangan dan Kader Kemlagi Selatan
Penyerahan boneka tangan ini bersamaan dengan pembinaan Kader Kesehatan Desa Kemlagi, pada tanggal 1 Maret 2018, dan rutin dilaksanakan tiap 3 bulan sekali dengan nara sumber ibu bidan desa, ibu Ratna, ibu Irma dari PLKB, dan ibu Ketua Tim Penggerak PKK Desa Kemlagi.

Sumber :alodokter
Dikirim oleh Bu drh, Nyta Apriantini (Ketua TP PKK Desa Kemlagi)
Diberitakan oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi

0 komentar :