Senin, 08 Januari 2018

Sudah Saatnya UKM di Desa Kemlagi Manfaatkan Tehnologi Informasi

ilistrasi
ilistrasi
www.kemlagi.desa.id - Beberapa hari yang lalu tepatnya hari Selasa, 26 Desember 2017 sekitar jam 13.30 WIB salah satu pemilik UKM di Desa Kemlagi didatangi oleh pengusaha bebek Bu Indah beserta suaminya ( dari Surabaya ) yang ingin menawarkan telor bebek yang masih mentah. Bu Indah mengetahui ada usaha pembuatan telor asin di Desa Kemlagi dari postingan website Desa Kemlagi yang berjudul Telor Asin, Salah Satu Pilihan Produk Unggulan Desa

Juga beberapa saat yang lalu Desa Kemlagi kedatangan tamu dari DPMD Kab. Bantul Jawa Tengah yang adakan study banding di Desa Kemlagi tentang pengelolaan pasar desa mengingat Pasar Raya Kemlagi meraih Juara IV pada lomba Pasar Tradisional Tingkat Provinsi Jawa Timur 

Dari kedua kegiatan tersebut menunjukkan betapa pentingnya pemanfaatan tehnologi informasi untuk kemajuan suatu usaha atau kegiatan.

Para pemilik usaha kecil kerap menggunakan smartphone, tablet, dan aplikasi cloud. Hampir separuh (43 persen) pemilik usaha kecil menggunakan smartphone yang memiliki fitur Wi-Fi sebagai perangkat utama dalam menjalankan operasi bisnis mereka. 65 persen di antaranya mengerjakan pembukuan dan kegiatan akuntansi melalui aplikasi berbasis cloud. Meskipun manfaat kompetitif dan operasional dari

Perusahaan kecil bahkan cenderung memiliki sumber daya TI terbatas, sehingga pilihan untuk pengaturan atau konfigurasi mandiri yang cepat dengan bantuan mitra penyalur sangatlah penting. Menyadari kebutuhan tersebut, Aruba yang merupakan perusahaan Hewlett Packard Enterprise, memperkenalkan solusi Wi-Fi baru yang dirancang untuk menghadirkan Wi-Fi kelas bisnis aman dan dapat diandalkan bagi usaha kecil melalui access point (AP)

Layanan bernama HPE OfficeConnect OC20 ini merupakan solusi nirkabel hemat biaya–dirancang bagi perusahaan yang tidak memiliki sumber daya TI khusus. Dengan OC20, usaha-usaha kecil atau mitra penyalur mereka dapat dengan cepat menerapkan dan mengelola Wi-Fi untuk usaha kecil di seluruh industri vertikal. 

“Menurut penelitian International Data Corporation, Asia merupakan wilayah terbesar ketiga untuk belanja TI usaha kecil, yang menunjukkan bahwa usaha-usaha kecil semakin bergantung pada inovasi dan teknologi untuk memberikan nilai lebih bagi pelanggan mereka,” kata Justin Chiah, Director and General Manager (Asia Tenggara dan Taiwan), Aruba melalui keterangannya, Jumat (6/10/2017) di Jakarta. 

“Dengan HPE OfficeConnect OC20, para pemilik usaha kecil dapat berfokus pada tujuan bisnis mereka dan meningkatkan produktivitas dengan keyakinan bahwa mereka memiliki infrastruktur jaringan yang kuat,” sambungnya.

OC20 Access Point diklaim memiliki konektivitas Wi-Fi berkinerja tinggi dan andal untuk menangani aplikasi-aplikasi terkini yang penting bagi bisnis, termasuk aplikasi suara, video, dan aplikasi berbasis cloud. Solusi ini secara cerdas mengoptimalkan jangkauan dan kinerja nirkabel, sekaligus meminimalkan gangguan demi pengalaman pengguna. Penyaring situs webterintegrasi memblokir akses ke situs web berbahaya guna melindungi jaringan usaha kecil dari ancaman online, serta situs web yang tidak pantas atau tidak sesuai.

Diposting oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi