Minggu, 26 November 2017

Peluncuran Desa Berdaya ZIS Indosat Desa Kemlagi

Pemotongan tumpang oleh para pemangku kepentingan
www.kemlagi.desa.id - Bertempat di Balai Inspirasi Kemlagi Selatan RT.01 RW.01 Desa Kemlagi Kec.Kemlagi Kab.Mojokerto pada hari Minggu, 26 November 2017 telah diselenggarakan Peluncuran atau launching Desa berdaya ZIS Indosat Desa Kemlagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh stakeholder Rumah Zakat, stakeholder ZIS Indosat, Camat Kemlagi dan perwakilan Polsek Kemlagi, Kepala Desa beserta Perangkat Desa, Ketua BPD, Ketua RT/RW, Tokoh Masyarakat, Ibu-ibu PKK dan juga relawan Rumah Zakat itu sendiri.

Dalam sambutanya Kepala Desa Kemlagi, ABD. Wahab, SE menyampaikan terima kasih kepada Rumah Zakat dan ZIS Indosat yang telah memilih Desa Kemlagi sebagai Desa Berdaya ZIS Indosat, dengan harapan mudah-mudahan kedepannya Desa Kemlagi menjadi desa yang berdaya dan mandiri. 

Lebih lanjut Abd. Wahab, SE menuturkan bahwa yang akan dilakukan dengan adanya program ini adalah pemberdayaan masyarakat dibidang pendidikan, kesehatan, lingkungan dan ekonomi. Sebelumnya sudah dilaksanakan kegiatan Sosial Mapping atau pemetaan sosial beberapa waktu yang lalu yakni pemetaan yang menjadi permasalahan utama di Desa Kemlagi yang mengerucut pada permaslahan kenakalan remaja dan narkotika serta pengelolaan sampah.

Camat Kemlagi, Tri Cahyo Harianto, S.Sos juga memberikan sambutan dan menyampaikan terima kasih kepada Indosat yang sebagian kecil ZIS-nya dibagikan atau diberikan kepada masyarakat Desa Kemlagi. Lebih lanjut Camat Kemlagi menuturkan bahwa Desa Kemlagi merupakan desa di Kecamatan Kemlagi yang sudah memiliki web, bahkan dengan adanya web di Desa Kemlagi ini, Kecamatan Kemlagi merasa terbantukan dengan informasi-informasi yang ada didalamnya.

Tri Cahyo Harianto, S.Sos menambahkan bahwa dengan adanya perpustakaan digital atau digital corner yang ada di Balai Inspirasi ini patut kita syukuri, karena kita ajukan program perpustakaan desa ke provinsi tapi sampai dengan saat ini belum terealisasi. 

Lebih lanjut camat yang waktu kecilnya di Desa Kemlagi ini dipanggil "Hari" meyampaikan bahwa masalah sampah merupakan masalah dimana-mana bahkan Indonesia sendiri menempati urutan ke lima penyumbang produk sampah di dunia.

Sebagai kata akhir, Camat Kemlagi berharap agar program desa berdaya ini nantikan akan menjadi desa swasembada dan tidak hanya Desa Kemlagi akan tetapi juga desa-desa lain yang ada di wilayah Kecamatan Kemlagi mendapatkan sentuhan dari program Desa Berdaya ZIS Indosat.

Arif Syarifudin, perwakilan dari Rumah Zakat menyampaikan bahwa launching di Desa Kemlagi ini merupakan yang ke sebelas. Hingga tahun 2017 akhir, dana pengelolaan oleh ZIS Indosat bersama Rumah Zakat digunakan untuk pembangunan program Desa Berdaya di 15 lokasi di Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Ke 15 lokasi tersebut di antaranya Kulon Progo, Jakarta, Kendal, Solo, Cigugur (Kab Bandung), Cimahi, Marunda (Jakarta), Indramayu, Sidoarjo, Mojokerto, Ponorogo, Bekasi, Bogor, Pandeglang dan Tangerang.

Sementara itu perwakilan dari ZIS Indosat, Arya Fajar menyampaikan bahwa program di Balai Inspirasi ini tidak hanya digital corner tetapi juga ada program pendidikan misalnya bea siswa maupun les-les untuk anak-anak. Dibidang kesehatan akan ada pemeriksaan kesehatan. Program lingkungan akan ada pengelolaan sampah dan program bank sampah.  Kesemua program itu agar adanya peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan. Program Desa Berdaya ini akan berlangsung selama 2 (dua) tahun. Rumah Inspirasi akan dilengkapi dengan paket internet 20 GB perbulan selama 2 (dua) tahun.

Arya Fajar menambahkan bahwa dalam rangka milad Indosat ke 50 tahun, akan membagikan sebanyak 50 mushaf al-qur'an, sebagian akan ditaruh di Balai Inspirasi dan di masjid atau musholla.

Referensi https://www.rumahzakat.org/
Diposting oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi