Kamis, 30 November 2017

Pelantikan UPZ dan Distribusi Zakat Profesi di Desa Kemlagi

Suasana acara yang hikmat
www.kemlagi.desa.id - Bertempat di Balai Desa Kemlagi telah dilaksanakan Pelantikan UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Desa Kemlagi dan Distribusi Zakat Profesi Pegawai Kemenag Kabupaten Mojokerto untuk warga Desa Kemlagi Kec.Kemlagi Kab.Mojokerto.

Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Kamis, 30 November 2017 yang dimulai pukul 09.00 WIB dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto Drs.Abd. Wahib, M.PdI, Ketua BAZNAS (Badan Amil Zakat Nasional) Kabupaten Mojokerto Drs. Nur Rochmad, MM, Dokter dan Perawat RSI Sakinah Mojokerto, Camat Kemlagi yang diwakili oleh H. Hidayat (Kasi Trantib), Danramil Kemlagi yang diwakili oleh Yarno, Ketua KUA Kec.Kemlagi, MWC NU Kec.Kemlagi, MUI Kec.Kemlagi, Kepala Desa Kemlagi beserta Perangkat Desa, Tokoh Masyarakat dan para penerima bantuan. 

Dalam kata sambutan selamat datang, Kepala Desa Kemlagi Abd. Wahab, SE menyampaikan terima kasih kepada BAZNAS Kabupaten Mojokerto dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto serta KUA Kec.Kemlagi yang telah memilih Desa Kemlagi sebagai desa yang difasilitasi terbentuknya UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Desa Kemlagi dan pendistribusian zakat profesi pegawai Kemenag Kabupaten Mojokerto kepada warga Desa Kemlagi yang berhak menerima.

Pada kegiatan ini juga diadakan pengobatan gratis dari Kemenag Kabupaten Mojokerto yang bekerja sama dengan Rumah Sakit Islam "Sakinah" Mojokerto untuk warga Desa Kemlagi sebanyak 500 (lima ratus) orang dan bahkan warga yang berobat mendapatkan door price.

Pelantikan UPZ (Unit Pengumpul Zakat) Desa Kemlagi

Pelantikan UPZ Desa Kemlagi oleh BAZNAS Kab.Mojokerto
Sebanyak 11 (sebelas) orang dilantik oleh Ketua BAZNAS Kabupaten Mojokerto sebagai pengurus UPZ Desa Kemlagi masa bhakti Tahun 2017 s.d Tahun 2022.  Susunan pengurusnya adalah sebagai berikut:
  • Penasehat adalah Kepala Desa Kemlagi ( Abd. Wahab, SE)
  • Ketua adalah H. Marhasan, S.PdI
  • Wakil Ketua adalah Mulyadi
  • Sekretaris adalah Husen Shofi
  • Bendahara adalah Sutriana, dan
  • Anggota sebanyak 6 (enam) orang
Dalam sambutanya, Ketua BAZNAS Kabupaten Mojokerto, Drs. Nur Rochmad, MM mengharap kepada Pengurus UPZ Desa Kemlagi untuk segera mempelajari buku saku yang berupa regulasi yang sudah diberikan dan secepatnya untuk bisa bekerja dan mensosialisasikan kepada warga Desa Kemlagi tentang pentingnya berzakat, berinfak dan bersedekah disampaikan lewat UPZ Desa Kemlagi.

Motivasi kepada UPZ Desa Kemlagi juga diberikan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto, Drs.Abd. Wahib, M.PdI bahwa pengurus UPZ Desa Kemlagi harus bisa berikan pendampingan kepada pemberi zakat terutama tentang berapa batasan kekayaan atau harta yang harus dizakati. Lebih lanjut Drs.Abd. Wahib, M.PdI, menyampaikan bahwa UPZ Desa Kemlagi boleh membagikan zakat kepada warga Desa Kemlagi setahun sekali atas izin BAZNAS Kabupaten Mojokerto. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto juga berharap kepada Kepala Desa Kemlagi agar UPZ Desa Kemlagi diberi ruangan untuk jalankan aktifitasnya.

Distribusi Zakat Profesi 

Pemberian zakat kepada warga yang berhak
Perwakilan 8 golongan yang berhak terima zakat
Kades Abd. Wahab, SE bagikan zakat kepada penjaga masjid H. Syaifan
Pendistribusian atau pembagian zakat kali ini merupakan zakat dari pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto yang untuk kegiatan kali ini di Desa Kemlagi secara keseluruhan menelan biaya atau dana sebesar Rp. 25.000.000,00 (dua puluh lima juta rupiah.

Adapun penerima zakat pada acara ini adalah sebanyak 8 (delapan) golongan, yang diwakili masing-masing golongan oleh :
  1. Janda atau duda diwakili oleh Bu Mi'ah;
  2. Anak yatim diwakili oleh Wirda Salamah Ulya;
  3. Siswa kurang mampu diwakili oleh Adinda Evina Arumawati;
  4. Mualaf diwakili oleh Andi Purwadi;
  5. Penjaga masjid diwakili oleh H. Syaifan;
  6. Guru TPQ diwakili oleh Abd. Latif;
  7. Hafidz diwakili oleh Lukman Abdillah' dan
  8. Siswa berprestasi diwakili oleh Marcelo Rosandani
Pengobatan Gratis

Suasana pengobatan gratis
Pengobatan gratis ini, BAZNAS Kabupaten Mojokerto bekerja sama dengan Rumah Sakit Islam "Sakinah" Mojokerto yang melibatkan dokter dan perawat.  Kegiatan ini dilaksanakan di ruangan Madrasah Diniyah Desa Kemlagi yang lokasinya berdampingan dengan Balai Desa Kemlagi.

Disamping pengobatan yang digratiskan untuk 500 warga, bagi warga yang berobat akan diberikan doorprice untuk dibawah pulang setelah melakukan pemeriksaan gratis.

Dari pantauan Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi di lokasi pengobatan gratis, rupanya yang dominan melakukan pemeriksaan kesehatan adalah ibu-ibu dan bapak-bapak yang sudah berusia lanjut.

Dilaporkan oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi