Sabtu, 04 November 2017

Cara Menambahkan Anggota Keluarga ke Program PBI BPJS Kesehatan

ilustrasi
www.kemlagi.desa.id - Ada 3 jalur untuk bisa mendaftar menjadi peserta BPJS, yaitu ada peserta yang iurannya di bayar sendiri (namanya Peserta PBPU atau Mandiri), peserta yang iurannya di bayar oleh perusahaan (disebut dengan peserta PPU atau Perusahaan) dan peserta yang iurannya dibayar oleh Pemerintah disebut dengan peserta PBI.

Sudah jelas jika anda mendaftar sebagai peserta mandiri maka anda harus mengurus nya ke kantor bpjs kesehatan langsung, untuk anda yang terdaftar sebagai peserta PPU atau Perusahaan maka pengurusannya lewat perusahaan masing – masing yang kemudian ada bagian terkait yang menangani ke BPJS, dan kemudian khusus untuk PBI maka berhubungan langsung dengan dinas sosial.

Topik kali ini kami khususkan untuk peserta PBI, dimana peserta PBI dapat mendaftarkan diri melalui dinas sosial untuk diikut sertakan dalam program BPJS yang dibayar oleh Pemerintah. Setiap peserta PBI akan terdaftar dalam kelas kepesertaan di kelas 3.

Banyak hal yang ditanya mengenai kepesertaan melalui program PBI atau Pemerintah ini, yaitu “bagaimana cara menambahkan anggota keluarga untuk peserta peserta PBI?” 

Berbeda dengan peserta Mandiri dan Perusahaan, untuk peserta PBI yang ingin menambahkan anggota keluarganya harus menghububungi Dinas Sosial. Namun sebelumnya pastikan terlebih dahulu bahwa nama anggota keluarga yang ingin didaftarkan dalam PBI sudah masuk dalam Kartu Keluarga anda.

Kemudian silahkan melapor ke dinas sosial (dinsos) untuk meminta surat rekomendasi untuk menambahkan keluarga dalam program PBI, bawa persyaratan berupa KK, KTP, Foto 3×4, dan khusus untuk anak yang baru lahir melampirkan Akte Kelahiran dan lampirkan kartu kepesertaan anda.

Setelah mendapatkan rekomendasi maka silahkan anda pergi ke kantor BPJS terdekat untuk melakukan proses pendaftaran keluarga yang ada dalam KK untuk ditambahkan menjadi peserta BPJS.

Diposting oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi

11 komentar :

jampangmanggung mengatakan...

Saya telah mengajukan anak saya untuk di tambahkan menjadi anggota bpjs pbi ..tapi di tolak dengan alasan usia anak saya lebih dari satu tahun,mlah di anjurkan ikut anggota mandiri...

Unknown mengatakan...

Y saya juga katanya dalam satu kk klo salah satu keluarga punyaa bpjs pbi maka anaknya atau suami yang belum punya bila di daftarkan bisa mendapatkan bpjs pbi tapi pas ak ke dinas sosial ko ngga bisa,tetapi tetangga saya anaknya kejang kejang dan belum punya bpjs pbi tapi ibunya punya trus di usulkan tapi seminggu langsung jadi itu gimana ya

Unknown mengatakan...

Klu proses BPJS PBI untuk pengajuan anggota keluarga sehat mah memang berbelit Belit, tapi klu untuk proses pengajuan BPJS PBI anggota keluarga yg sedang di UGD bisa di proser

Unknown mengatakan...

Saya sekeluarga ada 4 orang saya ber3 memiliki kartu KIS dari pemerintah dan 1 anak bungsu saya tidak memiliki kartu KIS, saya ingin menambahkan anggota keluarga saja ga bisa di proses..
Jadi klu anggota keluarga kita udah masuk UGD baru kita bisa memproses BPJS na

Unknown mengatakan...

iya sama anak saya yg umur 3 thun gak bisa ,gagal.

Unknown mengatakan...

Waduh padahal sy mau dftarkan suami dan anak sy yg balikan..tapi baca di komntr gini jd fesimis sy mau urusnya

Unknown mengatakan...

Sama saya jg

Unknown mengatakan...

Kalau sudah daftar tapi non aktif bagaimana apakah bisa

Unknown mengatakan...

Kalau untuk BPJS PBI yang non aktif bisa diaktifkan kembali dg datang langsung ke BPJS kesehatan setempat, dan ikutin arahan dari BPJS tsb. Setelah semua persyaratan fix tunggu 2-3 hari.

Unknown mengatakan...

Sekarang bikin BPJS itu rumit ga bisa di andalkan kalau lagi mendesak.....anak saya punya penyakit tumor mata saya mengajukan BPJS PBI bukanya di terima malah di tolak..gmna nih aturan pemerintah sekarang bukan ny membantu rakyat kecil ini malah mempersulit.

Nayanara mengatakan...

Sya sma suami sudh pny kis didepok.kamj pindahan dr jkrta . Tp 2 anak sya gagal. Krn kis dijakarta ktnya msh aktf jd g bs.solusi nya gmn ya. Sya mau urus kis anak sya. Sya chek di jkn. Udh non aktif . Lalu klo mau urus lg utk anak sya prsyaratnny apa sja