Kamis, 14 September 2017

Pentas Seni Dalam Peringati HUT RI Ke 72 Tahun 2017 Desa Kemlagi

Campursari Sri Asih CS
www.kemlagi.desa.id - Semarak warga Desa Kemlagi dalam rangka memperingati HUT RI ke 72 Tahun 2017 ini lebih beragam dari tahun-tahun sebelumnya.  Untuk tahun ini khususnya untuk kegiatan yang bersifat kearifan lokal Desa Kemlagi tampak lebih menonjol.

Kegiatan pentas seni pada tahun ini bisa dibagi menjadi 3 bagian. Ada kegiatan yang bersifat tradisional yakni dengan digelarnya seni campursari oleh Sri Asih CS dari Jombang yang digelar di halaman balai Desa Kemlagi pada tanggal 26 Agustus 2017.  

Kegiatan seni yang bersifat relegi yaitu seni hadrah atau terbang jidor oleh pemuda dan pemudi Desa Kemlagi sendiri yang tergabung dalam jam'iyah shalawat "Al-Hidayah".  

Sementara kegiatan seni yang bersifat kontemporer berupa kesenian elektone atau orkes melayu yang dilaksanakan oleh masing-masing lingkungan dengan menampilkan grup orkes melayu dari Desa Kemlagi sendiri dan yang berasal dari luar desa, misalnya dari Desa Mojowono, Desa Kedungsari dan dari wilayah Dawarblandong.

Panggung Gembira dan Pentas Seni Kemlagi Selatan

Tua muda larut dalam panggung gembira
Kegiatan pentas seni di lingkungan Kemlagi Selatan dilaksankan pada tanggal 13 Agustus 2017 berbarengan dengan kegiatan jalan sehat yang diikuti oleh warga Kemlagi Selatan.

Drama spontanitas oleh pemuda Kemlagi Selatan
Disamping menampilkan hiburan OM Ababiel dari Desa Mojowono dengan artis-artisnya, pemuda dan pemudi Kemlagi Selatan juga menampilkan drama yang bertemakan semangat pemuda dalam mengisi kemerdekaan.

Penyerahan hadiah jalan sehat dari Ketua RW.01 (Bpk. Sartono) kepada bu Nur Afifah
Pada kesempatan tersebut juga dibagikan doorpris atau hadiah untuk kegiatan jalan sehat hadiah utamanya berupa 1 (satu) unti sepeda lipat yang dimenangkan oleh bu Nur Afifah warga Kemlagi Selatan RT.03 RW.01 yang diserahkan oleh Bpk. Sartono selaku Ketua RW.01.

Seni Hadrah dan Terbang Jidor di Balai Desa Kemlagi

Jam'iyah shalawat "Al-Hidayah" Desa Kemlagi
Kesenian yang berunsur religi ini dilaksanakan di Balai Desa Kemlagi pada tanggal 16 Agustus 2017 bertepatan dengan kegiatan Sedekah Desa.  Seni hadrah atau terbang jidor ini ditampilkan oleh pemuda-pemudi Desa Kemlagi sendiri yang tergabung dalam jam'iyah shalawat "Al-Hidayah". 

Untuk diketahui bahwa kegiatan bershalawat ini hampir setiap hari berkumandang di wilayah Desa Kemlagi baik yang dilaksankan oleh kelompok anak-anak, remaja, ibu-ibu maupun kelompok bapak-bapak.

Pentas Seni dan Panggung Gembira Kemlagi Utara

Unjuk kebolehan ibu-ibu Kemlagi Utara
Kegiatan diwilayah Kemlagi Utara ini dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2017 yang menghadirkan grup orkes melayu dari wilayah Dawarblandong.

Paduan suara oleh "Arduk" pemuda Kemlagi Utara
Dagelan oleh Bpk, Trisno Langgeng dkk
Pada kegiatan ini baik pemuda maupun para orang tua juga unjuk kebolehan dengan menampilkan bakat masing-masing dibidang kesenian.   Juga secara spontanitas menampilkan stand up comedy atau dalam bahasa jawa-nya "dagelan" oleh Bpk. Trisno Langgeng yang juga anggota BPD dari wilayah Kemlagi Utara bersama Bpk. Khoirul Sapari, warga Kemlagi Utara.

Pentas Seni Campursari di Balai Desa Kemlagi

Campursari Sri Asih CS - Jombang
Salah satu seni tradisional yang baru pertama kali dilaksanakan di Balai Desa Kemlagi pada tanggal 26 Agustus 2017 ini adalah campursari yang berbarengan dengan kegiatan bazar dan bazar sosial. Pada kegiatan ini menampilkan campursari Sri Asih CS dari Jombang.

Talenta ibu-ibu lansia Desa Kemlagi
Sambutan warga Desa Kemlagi terutama warga yang sudah menginjak usia lansia akan kegiatan campursari ini sangat antusias, terbukti banyaknya ibu-ibu yang menampilkan bakatnya dengan ikut menari dan menyanyikan langgam jawa di panggung ini.

Pentas Seni dan Penggung Gembira Kemlagi Timur

Penampilan OM New Archeta - Kemlagi
Kegiatan pentas seni dan penggung gembira diwilayah Kemlagi Timur tanggal 2 September 2017 ini menampilkan orkes melayu "Acheta" yang merupakan grup orkes melayu pemuda Kemlagi Timur sendiri.

Bakat dan talenta anak-anak Kemlagi Timur
Pada kegiatan ini juga menampilkan bakat-bakat seni dari warga Kemlagi Timur mulai dari anak-anak, remaja, ibu-ibu maupun bapak-bapak.

Pentas Seni dan Panggung Gembira Kemlagi Barat

Paduan suara oleh Karang Taruna Kemlagi Barat
Kegiatan pentas seni dan panggung gembira dalam rangka memperingati HUT RI Ke 72 Tahun 2017 di Desa Kemlagi ditutup dengan kegiatan pentas seni dan panggung gembira yang dilaksanakan diwilayah Kemlagi Barat pada tanggal 12 September 2017.

Pemuda Kemlagi Barat juga unjuk kebolehan bersama penyanyi 
Pada kegiatan ini menampilkan grup orkes melayu dari wilayah Desa Kedungsari dengan beberapa artisnya yang juga menampilkan bakat usia dini atau penyanyi cilik.

Sebelum acara panggung gembira dan pentas seni di Kemlagi Barat ini digelar, pada siang harinya digelar lomba tradisional "panjat pinang" yang diikuti oleh warga Kemlagi Barat.

Demikian gelaran pentas seni yang telah dilaksanakan di Desa Kemlagi dalam rangka memperingati HUT RI Ke 72 Tahun 2017 dengan thema "72 Tahun Indonesia Kerja Bersama". Mudah-mudah kegiatan serupa ditahun-tahun mendatang lebih semarak dan lebih baik lagi. Aamiin Ya Robbal Alamin.

Diposting oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi

0 komentar :