Rabu, 02 Agustus 2017

Bintek Updating Data Profil Desa dan Kelurahan Tahun 2017

Pembukaan Bintek oleh Camat Kemlagi yang diwakili Kasi PMD Sutomo E, MM
www.kemlagi.desa.id - Suksesnya sebuah perencanaan pembangunan sangatlah tergantung pada akurat dan tidaknya sebuah data. Hal ini disadari betul oleh DPMPD Kabupaten Mojokerto selaku institusi yang berkaitan langsung dengan pembangunan desa. Karenannya pada  tanggal 1 Agustus 2017 DPMPD Kabupaten Mojokerto menggelar Bimbingan Teknis Updating Data Profil Desa/Kelurahan.  Bimtek yang diikuti 20 orang peserta dari operator desa se Kec. Kemlagi Kab. Mojokerto ini  antara lain membahas updating data terkait dengan data dasar keluarga, potensi desa serta perkembangan desa.

Sutomo E, MM selaku Kasi PMD  Kec.Kemlagi  dalam sambutannya antara lain berpesan bahwa perencanaan pembangunan yang tepat dan terarah disetiap level pemerintahan sangatlah tergantung pada data profil desa yang akurat dan valid. Profil desa sendiri haruslah dapat menggambarkan dengan jelas tentang kondisi nyata dan menyeluruh tentang kependudukan, kelembagaan, potensi serta tigkat perkembangan desa. Karenanya kepada para peserta  diminta untuk memanfaatkan momen bimtek ini untuk menyerap ilmu yang diberikan para narasumber dan pelatih secara maksimal.

Muhadi, SH selaku perwakilan dari DPMD Kab.Mojokerto
Selanjutnya untuk memberikan hasil yang maksimal, bimtek yang digelar di Balai Desa Mojowono ini menghadirkan narasumber dan pelatih yang berkompeten di bidanganya yang berasal dari DPMPD Kab. Mojokerto serta Tim Penyusunan dan Asistensi Penyusunan Profil Desa Kab. Mojokerto.

Pelaksanan Bintek oleh pelatih dan narasmber dari DPMD Kab.Mojokerto
Dalam bintek yang berlangsung selama 1 hari ini juga terungkap bahwa dari 20 desa yang ada di Kec.Kemlagi telah terinput data profil desa sebanyak 20 desa, sementara pada saat bintek progres entri data prodeskel tahun 2017 dari  20 desa yang telah menginput data di profil desa mencapai 4 desa, namun sampai dengan berita ini ditulis atau setelah dilaksanakanya bintek sudah mencapai 15 desa meskipun ada yang belum 100 %, meliputi Kemlagi, Watesprojo, Betro, Beratkulon, Mojojajar, Mojosarirejo, Mojowatesrejo, Mojokusumo, Japanan, Mojokumpul, Tanjungan, Mojorejo, Mojodadi, Pandankrajan dan Mojodowo.

Belum semua desa dan kelurahan melakukan input data antara lain disebabkan oleh belum terbentuknya Pokja Penyusunan Profil Desa/Kelurahan, disamping itu masalah penggantian operator  yang menangani profil desa/kelurahan  serta belum dianggarkanya dalam APBDes menjadi kendala tersendiri bagi terlaksananya penyusunan profil desa.

Keseriusan dan antusiasme peserta ikuti pelatihan
Melihat antusiasme peserta yang terlihat pada diskusi antara peserta dengan narasumber dan pelatih saat memberikan materinya, rasanya slogan Desa Membangun Indonesia yang digaungkan Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi ini akan segera terwujud di Kecamatan Kemlagi Kab. Mojokerto. Dan bukanlah mimpi pula kalau pada beberapa tahun mendatang desa-desa di Kemlagi Kab. Mojokerto akan menjadi pusat belajar desa-desa lain yang ada di Nusantara ini….semoga !!!!

Diposting oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi