Senin, 15 Mei 2017

Tradisi Warga Desa Kemlagi Sambut Ramadhan

Kerja Bhakti warga Dusun Kemlagi Utara sebagai wujud syukur datangnya bulan Ramadhan
www.kemlagi.desa.id - Sudah menjadi kebiasaan kaum muslimin di seluruh dunia, bahwa mereka bersuka cita menyambut datangnya bulan suci ramadhan dengan berbagai wujud rasa syukur. Tentunya rasa syukur tersebut diapresiasikan dalam wujud ke-ibadahan maupun syukur yang berwujud hasil kebudayaan yang mereka lakukan secara turun-temurun.

Masyarakat Desa Kemlagi sudah memiliki kebiasaan atau tradisi dalam menyambut datangnya bulan nan penuh berkah ini.  Ada beberapa kegiatan yang menjadi agenda warga Desa Kemlagi dalam menyambut bulan ini, baik yang bernuansa ibadah maupun budaya.

Kegiatan Nisfu Sya'ban di masjid/musholla
Malam Nisfu Sya'ban
berasal dari kata Nisfu (bahasa Arab) yang berarti separuh atau pertengahan, Sya’ ban adalah nama bulan ke-8 dalam kalender Islam. Dengan demikian nisfu sya’ban berarti pertengahan bulan Sya’ban. Pada malam ini biasanya diisi dengan pembacaan Surat Yaasiin tiga kali berjamaah dengan niat semoga diberi umur panjang, diberi rizki yang banyak dan barokah, serta ditetapkan imannya. Setelah pembacaan Surat Yaasiin biasanya diteruskan dengan shalat Awwabin atau shalat tasbih. Setelah itu biasanya dilanjutkan dengan ceramah agama atau langsung makan-makan.

Pada malam itu warga Desa Kemlagi tepatnya setelah shalat maghrib atau isya' membawa tumpeng atau makanan ala kadarnya untuk dibawa ke masjid atau musholla. Pada malam ini biasanya diisi dengan pembacaan Surat Yaasiin atau Tahlilan berjamaah dengan niat semoga diberi umur panjang, diberi rizki yang banyak dan barokah, serta ditetapkan imannya. Setelah itu biasanya dilanjutkan dengan ceramah agama atau langsung makan-makan yang dibawa tadi.
Kerja bhakti di musholla An-Nur - Kemlagi Barat
Kerja Bhakti 
Pengertian kerja bakti adalah kegiatan yang dilakukan secara bergotong royong demi kepentingan bersama. Kerja bakti bisa dilakukan dengan cara menyapu, mengepel lantai, membersihkan jendela kaca atau bahkan memunguti sampah-sampah yang berserakan dilapangan. Dengan kerja bakti banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dengan melakukan kerja bakti, diantaranya kerja bakti dapat membuat lingkungan menjadi bersih, dengan lingkungan bersih dapat terhindar dari penyakit, dapat meningkatkan keakraban antar warga dan pekerjaan yang dilakukan akan cepat selesai.

Kerja bakti merupakan sarana kebersamaan antar warga guna membantu tercapainya kenyamanan desa dengan melakukan pembangunan atau kebersihan yang bermanfaat bagi desa bersangkutan.

Pengecatan Pagar Musholla An-Nur - Kemlagi Barat
Budaya warga Desa Kemlagi yang sudah berjalan sejak lama dalam menyambut bulan suci ramadhan adalah kerja bhakti. Kerja bhakti ini dilakukan untuk membersihkan atau mempercantik masjid/musholla serta kerja bhakti di lingkungan masing-masing.

Kerja bhakti di Musholla/Langgar Sirojul Ummah - Kemlagi Barat
Kerja bhakti di masjid/musholla dengan tujuan agar pada saat shalat tarawih atau shalat fardhu, para warga bisa jalankan dengan penuh khusu' dan ikhlas.

Kerja bhakti lingkungan
Kerja bhakti lingkungan menunjukan bahwa lingkungan atau dusun tersebut  siap menyambut bulan yang penuh berkah ini.

Diposting oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi