Selasa, 02 Mei 2017

Berwisata Sambil Belajar

Rombongan Wisata Siap Berangksat
www.kemlagi.desa.id - Tepat pada peringatan Hari Buruh, Senin, 1 Mei 2017 Pemerintah Desa Kemlagi , BPD, LPMD, Ketua RT dan RW serta Pengelola Pasar Raya Desa Kemlagi, mengadakan wisata ke beberapa tempat di Jawa Timur, tepatnya  di wilayah Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Kediri dan Kabupaten Jombang.

Tujuan wisata kali ini merupakan "Tour Study Destinasi Wisata" maksudnya bahwa berwisata ke suatu daerah yang bagaimana cara pengelolaannya bisa ditiru atau dijadikan study banding yang meskipun Desa Kemlagi bukanlah desa wisata, tetapi lebih pada desa yang berpotensi dikembangkan dibidang perdagangan dan industri.

Tujuan atau destinasi wisata kali ini adalah Pantai Gemah Tulungagung, Simpang Lima Gumul Kediri dan Makam Gus Dur Jombang.

Pantai Gemah Tulungagung
Pantai Gemah Tulungagung
Pantai yang terletak di Desa Keboireng, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung ini menjadi tujuan pecinta keindahan alam yang masih alami. Dalam setiap harinya ratusan orang berkunjung disini. Rute untuk menuju Pantai Gemah sangat mudah, yaitu dengan mengikuti jalan Jalur Lintas Selatan. Disitu nanti ada papan informasi di pinggir jalan yang akan mengarahkan trip-er semua menuju Pantai Gemah. Dari papan tersebut terlihat dengan jelas anak panah yang menunjukan jalan setapak menuju suatu lokasi. 

Hijau dan rimbun dengan rumput yang asyik dibawahnya. Tidak hanya itu kejutan bertambah ketika birunya laut terlihat begitu dekat di balik pohon cemara. Pantai Gemah memiliki pasir coklat yang membentang luas kurang lebih satu kilometer. Dari kejauhan perahu-perahu nelayan terlihat kecil nan menawan menghiasi birunya laut selatan. 

Melangkahkan kaki ke arah utara seperti berjalan digurun pasir, luas dan seolah tidak bertepi. Sementara di ujung selatan pantai lebih mudah menjangkaunya. Di ujung selatan ini banyak terdapat batu-batu besar, bahkan terlihat unik dengan tebing-tebing hijau semak belukar. 

Ada juga pohon besar yang sangat cocok untuk dijadikan baground foto preweding atau hanya sekedar berselfi ria. Yang sepesial dan mungkin masih jarang ditemui di pantai-pantai lain di Tulungagung adalah tersedianya penyewaan motor ATV untuk memanjakan petualangan di Pantai Gemah ini. Dengan harga sewa Rp20.000 per 20 menit trip-er bisa puas menjelajah dari ujung ke ujung tanpa takut kelelahan.

Pantai ini pengelolaannya dikelola sendiri oleh Desa Keboireng dengan melibatkan komponen warga setempat terutama para pemudanya.  Ditepian pantai atau sebelah barat, banyak sekali warga yang menyediakan makanan khas desa dan juga oleh-oleh bagi pagi para pengunjung. Menurut warga setempat bahwa pantai ini baru dibuka dan diresmikan pada bulan Januari 2017.
Simpang Lima Gumul Kediri (suasana sore hari)
Simpang Lima Gumul Kediri
Monumen Simpang Lima Gumul;merupakan salah satu daya tarik wisata baru di pinggiran kota Kediri. Arsitektur monumen ini terinspirasi dari Monumen L’Archde Triomphe yang berada di Paris, Prancis. Tidak heran bila banyak orang yang belum pernah berkunjung merasa tertipu dan menganggap monumen ini berada di Paris. Selain itu tempat ini menjadi salah satu jawaban dimana tidak perlu jauh-jauh ke Eropa (Paris) untuk berfoto di depan bangunan unik tersebut.

Monumen Simpang Lima Gumul Kediri memiliki luas bangunan sebesar 804 meter persegi, berketinggian hingga 25 meter. Di lantai dasar, Anda dapat menjumpai tiga buah tiang tumpuan setinggi tiga meter. Luas kawasan Simpang Lima Gumul yang diproyeksikan sebagai kawasan perdagangan ini secara keseluruhan adalah 37 hektar.

Sekitar monumen tersebut terdapat pasar Tugu yaitu pasar yang menyediakan berbagai jajanan mulai dari pentil sampai sambal tumpang. Bukan hanya makanan, ada banyak mainan anak-anak dan barang-barang lain seperti sandal, tas, asesoris dan lain-lain. Ditambah lagi dengan penampilan kebudayaan dan seni khas Kediri yang biasanya ditampilkan pada hari libur.  Dari destinasi monumen ini, maka dampak ekonomi bagi warga sekitar dapat diangkat.
Makam Gus Dur
Makam Gus Dur
Dr.(H.C.)H. Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur(lahir di Jombang,7 September 1940-meninggal di Jakarta 30 Desember 2009 pada umur 69 tahun) adalah tokoh Muslim dan pemimpin politik yang menjadi Presiden Indonesia yang keempat dari tahun 1999 hingga 2001.

Gus Dur adalah salah satu presiden yang pernah memimpin negara Republik Indonesia. Meski masa Pemerintahan Gus Dur berlangsung singkat, namun peran serta Gus Dur dalam pembangunan spiritual tidak dapat dilupakan oleh warga Indonesia. Bahkan hingga beliau wafatpun masih banyak orang yang datang untuk berziarah.

Makam Gus Dur terletak di komplek Pondok Pesantren Tebuireng di Desa Cukir Kec. Diwek Kab.Jombang-Jawa Timur.  Disana terdapat beragam kerajinan rakyat yang dijual dipasar tradisional yang berada di sekitar lokasi makam. Bukan hanya itu, Tebuireng juga memiliki terminal bus tersendiri untuk mendukung kelancaran arus transportasi wisatawan yang ingin berziarah ke makam Gus Dur. Selain terminal bus, kawasan wisata religi ini juga dibangun Musium Islam Hasyim Asy'ari. Musium ini berada tidak jauh dari Pondok Putri Tebuireng dan Kampus Univ. Hasyim Asy'ari serta terminal bus.

Akhirnya kesimpulan yang dapat kita ambil dari kegiatan ini adalah pengelolaan yang baik, maka akan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Dilaporkan oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi