Senin, 06 Maret 2017

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan di Posyandu Balita Desa Kemlagi

Foto bersama Kades Abd. Wahab, SE dan Kader Posyandu se Desa Kemlagi
www.kemlagi.desa.id -  Definisi Posyandu Balita adalah wadah pemeliharaan kesehatan balita yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait. Posyandu Balita adalah pusat kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan balita.

Tujuan posyandu antara lain:
  1. Menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (ibu hamil), melahirkan dan nifas;
  2. Membudayakan NKBS (Norma Keluarga Bahagia dan Sejahtera);
  3. Meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera; dan
  4. Berfungsi sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, gerakan ketahanan keluarga dan gerakan ekonomi keluarga sejahtera.
Penyerahan Jagrag Dacin ke masing-masing posyandu
Penyerahan timbangan badan, tensi meter dan stetoskop untuk masing-masing posyandu balita
Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan balita di posyandu yang ada di Desa Kemlagi, maka Pemerintah Desa Kemlagi memfasilitasi dan men-stimulasi dengan memberikan sarana dan prasarana yang mendukung dan menunjang kegiatan posyandu di Desa Kemlagi berupa jagrak dacin, timbangan badan, tensi meter dan stetoskop untuk masing-masing posyandu balita (keseluruhan ada 4 posyandu balita).

Pelatihan mempergunakan stetoskop dan tensi meter oleh bidan Ratna Marlongen. 
Jagrag Dacin sudah dimanfaatkan dimasing-masing posyandu balita
Disamping pemberian sarana dan prasarana, juga secara rutin dilakukan pembinaan kader setiap 2 bulan sekali.  Selain meningkatkan kapasitas kader juga sekaligus ajang silaturrahmi kader. Misalnya, pembinaan tata cara mengukur tekanan darah menggunakan tensi meter dan stetoskop.

Oleh drh.Nyta Apriantini (Ketua TP PKK Desa Kemlagi)
Diposting oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi