Minggu, 26 Maret 2017

Telor Bebek Asin, Salah Satu Pilihan Produk Unggulan Desa

Telor Asin Siap Konsumsi
www.kemlagi.desa.id - Salah satu program pemerintah khususnya Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi adalah mendorong agar setiap desa membuat satu produk unggulan sebagi pemicu kemajuan ekonomi desa.

Menko PMK Puan Maharani memimpin rapat koordinasi tingkat menteri membahas dana desa dan program pendamping desa di Kantor Kemenko PMK
Beberapa saat yang lalu (19-10-2016) telah diselenggarakan rapat koordinasi yang dihadiri oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Puan Maharani),Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Desa PDT dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, Wakil Menteri Keuangan Mardiasmo, dan Kepala PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro.

"Dengan adanya produk unggulan desa atau one village one product maka akan memicu pembangunan ekonomi strategis dari desa ke level kabupaten, bahkan juga di tingkat nasional. Ini yang kita sebut sebagai pembangunan dimulai dari desa," ujar Menko PMK Puan Maharani.

Mengapa Telor Bebek Asin ?

Telor asin adalah sebagai salah satu pilihan untuk menentukan produk unggulan desa, dan hal ini tentunya disesuaikan dengan potensi dan sumber daya masing-masing desa.

Bebek dalam kandangnya
Di sekitar Desa Kemlagi Kec.Kemlagi Kab.Mojokerto ada beberapa warga yang memelihara itik/bebek dan tentunya para peternak itik/bebek ini berpikir setelah itik/bebek ini besar dan sudah mulai bertelur mau diapakan.

Potensi Desa Kemlagi sebagai desa yang berpotensi dikembangkan sebagai desa perdagangan, jasa dan industri dan tingkat perkembangan desa (klasifikasi Swasembada dan tipologi desa Indistri/Jasa, sumber http://prodeskel.binapemdes.kemendagri.go.id)

Melihat potensi dan perkembangan Desa Kemlagi yang demikian, maka salah satu alternatif unggulan desa dengan mengangkat telor asin adalah masuk akal.  Disamping potensi dan perkembangan desa tersebut, Desa Kemlagi sudah memiliki pasar desa sendiri dan masyarakat sekitar banyak yang  memiliki warung, sehingga pemasaran telor asin ini tidaklah mengalami kendala dan tidak menutup kemungkinan pengguna jalan (Desa Kemlagi dilewati oleh jalan provinsi, antara Mojokerto dan Lamongan) singgah sementara di pasar desa atau warung di sepanjang jalan tersebut.

Bahan Telor Bebek Asin
Pembuatan Telor Bebek Asin
Persiapan
Hal-hal yang perlu diperhatikan saat persiapan pembuatan telur asin:
  1. Gunakan telur bebek kualitas premium khusus untu diasinkan dan bukan telor bebek afkiran dari telor bebek untuk ditetaskan.
  2. Telur bebek kualitas bagus dan tidak amis biasanya dihasilkan oleh bebek yang diberi makanan pakan organik serta udang. Biasanya daerah penghasil telor bebek yang bagus itu adalah Blitar, Jawa timur, dan Indramayu.
  3. Untuk menentukan apakah telur bebek masih layak diolah, lakukan pengujian ini: masukkan telur ke dalam wadah yang sudah diisi penuh dengan air. Jika telur tenggelam, artinya telur masih layak dikonsumsi. Pastikan juga telur tidak retak.
    Pembersihan Telor 
  4. Bersihkan telur dari kotoran yang menempel kemudian keringkan dengan lap. Amplas permukaan telur agar pori-porinya terbuka.
  5. Gunakan air yang dingin untuk merendam telur.
    Proses Pengasinan dengan garam dan abu batu bata
  6. Tentukan cara pembuatan telur asin yang diinginkan sehingga bisa memperkirakan jenis dan banyaknya bahan yang akan digunakan seperti: garam dan batu bata merah halus.
Prosen pengasinan berlangsung selama 7-9 hari
Memasak
Setelah proses pengasinan telor selesai, maka langkah berikutnya adalah pemasakan telor tersebut dengan metode dikukus atau bisa juga dengan langsung dimasukkan dalam air hingga mendidih.  Namun yang paling aman adalah dengan metode mengkukus, karena resiko telor retak bisa dihindari.

Proses Pengukusan
Pengemasan
Setelah telor bebek asin dikukus, maka agar tampilan telor bebek asin menarik bagi pembeli, yang perlu diperhatikan adalah pengemasan. Disamping pengemasan yang lebih penting adalah pelebelan pada telor bebek asin itu sendiri. Pelebelan dengan menggunakan stempel dengan tinta sebaiknya dihindari, karena sifat kulit telor asin yang memiliki pori-pori, sehingga tinta yang digunakan untuk melebeli telor tersebut akan masuk ke dalam isi telor.
Kemasan Telor 30 butir

Kemasan Telor 4 butir

Kemasan Telor 10 butir
Oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi