Jumat, 03 Maret 2017

Rakornas Pembangunan Desa 2017: Tentukan Produk Unggulan Desamu

Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo
www.kemlagi.desa.id - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo, meminta seluruh Bupati agar menentukan produk unggulan desa. Hal tersebut diungkapkan mengingat 82 persen masyarakat desa hidup di sektor pertanian.

Bumdes sebagai penggerak ekonomi rakyat
“Jadi segera tentukan fokusnya mau apa, sehingga bisa dikoordinasikan ke 19 Kementerian/ Lembaga untuk desa-desa Bapak Ibu sekalian,” ujarnya pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan Pelaksanaan Program Prioritas Pembangunan Desa Tahun 2017 di Jakarta, Kamis (2/3).

Prioritas Pembangunan Desa 2017

Sarana olah raga
Poin penting hasil Rakornas Pembangunan Desa 2017 :
  1. Presiden Joko Widodo beri perhatian serius untuk bangun desa. Dilihat dalam penganggaran dana desa yang terus meningkat tiap tahun.
  2. Di tahun 2017 ini, penyaluran Dana Desa mencapai Rp 60 trilyun yang akan disalurkan ke 74.910 desa di Indonesia.
  3. Setiap desa akan mendapat Dana Desa rata-rata sekitar Rp 800 juta. Tapi juga perlu diingat, pendapatan desa tidak hanya dari Dana Desa.
  4. Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo: Kita harus meningkatkan aktivitas ekonomi di desa agar roda perekonomian terus berputar.
  5. Pemerintah tetapkan 4 program prioritas untuk desa. Diharapkan dapat menstimulasi lapangan pekerjaan baru.
  6. Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo: Segera tentukan fokus produk unggulan di daerah. Penting bagi Kepala Daerah untuk proaktif.
  7. Presiden instruksikn tambahan Rp 20 trilyun dana desa untuk mmbangun embung.Tujuanya yakni peningkatn produktivitas pertanian.
  8. Diharapkan dengan adanya embung, masa panen bisa meningkat dari 1,4 ton / th menjadi 3 kali lipat. Alokasikan Rp 200-300jt untuk mmbangun embung.
  9. Bagaimana dengan APBDes yg sdh ada? Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo: Bupati tolong buatkan payung hukumnya supaya Kades dapat membuat APBDes perubahan.
  10. Bangun Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Jadikan itu sebagai sumber pendapatan utama. Dana Desa hanya sebagai stimulan.
  11. Pemerintah jg buat Mitra Holding BUMDes. Ini untuk menjaga dan meningkatkan profesionalisme BUMDes demi kepentingan bersama.
  12. Beberapa desa kurang memiliki sarana hiburan bisa timbulkan kebosanan. Penting bangun sarana olah raga desa supaya ada wadah berkumpul dan berjualan.
  13. Karena Sinergi adalah Kunci !.
Diposting oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi