Jumat, 17 Maret 2017

KH. Hasyim Muzadi, Sosok Inspirasi Bagi Warga Desa

KH Hasyim Muzadi
www.kemlagi.desa.id KH. Ahmad Hasyim Muzadi (lahir di Tuban,Jawa Timur 8 Agustus 1944 meninggal di Malang tepat pukul 06.15 WIB hari Kamis tanggal 16 Maret 2017 pada umur 72 tahun) adalah seorang tokoh Islam Indonesia dan mantan ketua umum Penrurus Besar Nahdlatul Ulama yang menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden sejak 19 Januari 2015. Beliau juga pernah menjadi pengasuh Pondok Pesantren Al-Hikam Malang, Jawa Timur, sebelumnya dia sempat mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor (1956-1962).

KH Masyim Muzadi menempuh jalur pendidikan dasarnya di Madrasah Ibtidaiyah di Tuban pada tahun 1950, melanjutkan pendidikan di Pondok Modern Gontor Ponorogo, ia lalu menuntaskan pendidikan tingginya di Institut Agama Islam Negeri Malang Jawa Timur pada tahun 1969.

Kiprah organisasinya mulai dikenal ketika pada tahun 1992 ia terpilih menjadi Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur yang terbukti mampu menjadi batu loncatan bagi Hasyim untuk menjadi Ketua PBNU pada tahun 1999. Tercatat, suami dari Hj. Muthomimah ini pernah menjadi anggota DPRD Tingkat I Jawa Timur pada tahun 1986.

KH. Hasyim Muzadi dalam pandangan tokoh agama, tokoh nasional dan tokoh lainnya:
  1. Rohaniawan Katolik, Franz Magnis Suseno, turut berbela sungkawa atas wafatnya ‎Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi. Menurutnya, mendiang KH Hasyim memiliki pandangan keagamaan yang luas dan mendalam.
  2. Mantan Menteri Perindustrian dan Wakil Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Saleh Husin menyampaikan duka cita atas wafatnya KH Hasyim Muzadi. Saleh menilai almarhum merupakan tokoh pemersatu bangsa, memiliki pergaulan luas hingga dunia internasional dan dihormati beragam kalangan lintas agama.
  3. Sektetaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengenal pribadi KH Hasyim Muzadi sebagai sosok yang santun.  "KH Hasyim adalah sosok ulama, pemimpin Muslim dan tokoh bangsa yang sangat alim, santun, teguh pendirian, moderat dan bersahaja. Secara pribadi saya sangat kehilangan," kata Mu'ti
  4. Wakil Ketua Umum Partai Hanura Saleh Husin, KH Hasyim merupakan tokoh pemersatu bangsa. Dia memiliki pergaulan luas hingga dunia internasional dan dihormati beragam kalangan lintas agama. "Beliau adalah salah satu sumber inspirasi Indonesia, terutama karena pandangan-pandangan tentang persatuan, toleransi, dan saling menghargai keragaman di Indonesia. Kiai Hasyim merupakan guru bangsa yang dihormati dan disegani.
Sesuai dengan tema diatas, bahwa KH. Hasyim Muzadi adalah salah satu tokoh yang meskipun berasal dari suatu desa di Kabupaten Tuban Jawa Timur, beliau ternyata bisa menjadi tokoh dan panutan bagi bangsa ini dan bahkan bagi dunia internasional. Dari realita tersebut, maka ketokohan KH. Hasyim Muzadi dapat memberikan suri tauladan bagi warga desa terutama bagi generasi muda desa selaku penerus perjuangan bangsa.