Jumat, 10 Maret 2017

Destinasi Budaya Punden Kemlagi Utara

Punden Kemlagi Utara
www.kemlagi.desa.id - Dalam kamus besar bahasa Indonesia pengertian "Destinasi" merupakan kata benda yang berarti lokasi / tempat tujuan ataupun tempat tujuan pengiriman. Kata "Budaya" diartikan sebagai pikiran, akal budi atau adat istiadat. Sedangkan kata "Punden" diartikan sebagai tempat dimakamkan orang yang dianggap sebagai cikal bakal masyarakat desa, tempat keramat dan juga diartikan sebagai sesuatu yang sangat dihormati. Serta "Kemlagi Utara" menunjukan tempat bahwa punden yang dimaksud berada di Kemlagi Utara.

Jadi destinasi budaya punden Kemlagi Utara adalah suatu tempat atau lokasi obyek adat istiadat atau akal budi pada suatu tempat yang dikeramatkan sebagai cikal bakal adanya dusun dan masyarakat Kemlagi Utara.

Lokasi Punden Kemlagi Utara
Punden Kemlagi Utara ini dalam bentuk sumur tua, yang diartikan bahwa sumur terutama airnya merupakan sumber  kehidupan bagi masyarakat dusun Kemlagi Utara. Bisa untuk memenuhi air minum maupun untuk keperluan sehari-hari. Punden ini lebih kepada nilai budaya bukan sebagai tempat pemujaan.

Punden Kemlagi Utara - Tampak dari kejauhan
Sebagaimana dalam penentuan prioritas penggunaan program Dana Desa di tahun 2016, maka Pemerintah Desa Kemlagi menganggarkan aliran dana dari program ini untuk merehabilitasi punden yang berada di dusun Kemlagi Utara ini.

Dengan direhabilitasinya punden ini, maka nantinya diharapkan tempat ini bisa dijadikan sebagai obyek wisata budaya, yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Oleh Tim Pengelola Informasi Desa Kemlagi