Rabu, 01 Februari 2017

Ubah Sampah Menjadi Berkah

Sambutan Ketua TP PKK Desa Kemlagi - Drh. Nyta Apriantini
www.kemlagi.desa.id - Sebagaimana dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa Kemlagi Tahun 2014-2019 yang didalamnya memuat perencanaan dibidang Pemberdayaan Masyarakat yang salah satu kegiatannya adalah Pelatihan Menjahit, maka selama 2 (dua) hari terhitung sejak tanggal 23 s.d 24 Desember 2016 bertempat di Balai Desa Kemlagi telah dilaksanakan Pelatihan Pembuatan Tas Dari Kain Perca.

Penyampaian materi pembuatan tas dari kain percah oleh tutor dari SMKN 1 Sooko Mojokerto

Kegiatan ini diikuti oleh ibu-ibu PKK Desa Kemlagi yang dilatih oleh pelatih atau tutor dari SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto yang memang sengaja didatangkan langsung oleh Drh. Nyta Apriantini selaku Ketua TP PKK Desa Kemlagi.

Ibu-ibu antusias mengikuti pelatihan
Ibu-ibu PKK Desa Kemlagi memanfaatkan kain perca yang sudah tidak terpakai menjadi aneka produk tas. Kain perca bisa didapatkan dari sisa kain penjahit bahkan  baju yang sudah tidak terpakai.

Menjahit termasuk kegiatan pembuatan tas dari kain perca
Berbagai model  tas diajarkan dalam pelatihan menjahit tas dari bahan kain perca, bekerja sama dengan SMKN SOOKO Mojokerto, ibu-ibu diajarkan mulai dari membuat pola, membuat aplikasi hiasan hingga menjahitnya menjadi  tas.

Hasil karya ibu-ibu, tas dari kain perca
Selain meningkatkan ketrampilan juga bisa menambah penghasilan dan tentunya ikut mengurangi sampah di lingkungan sekitar kita.

Kiriman foto dan narasi oleh Drh. Nyta Apriantini - Ketua TP PKK Desa Kemlagi