Sabtu, 28 Januari 2017

Anak-anak Balita Desa Kemlagi Belajar Menabung

http://i95.photobucket.com/albums/l130/ainur_rofiq1/GEMARI_zps5faf4lbo.jpg
Gerakan Mari Menabung Kemlagi Barat
www.kemlagi.desa.id - Menabung saat ini merupakan hal yang penting. Menabung sudah mulai ditanamkan sejak dini oleh beberapa orang tua kepada anaknya.  Karena tabungan memilki peranan penting di masa depan.  Menabung berarti menyisihkan sebagian uang kita miliki untuk disimpan. Menabung merupakan salah satu cara untuk mengelola uang. Menabung yang paling mudah adalah di rumah karena dapat dilakukan setiap waktu.

Memiliki Kebiasaan menabung sudah jelas sangat berguna untuk masa depan kita. Menabung adalah menyimpan sejumlah uang agar dapat digunakan di kemudian hari jika diperlukan. Semakin banyak duit yang ditabung maka semakin baik.

Dalam rangka memperingati Hari Menabung se dunia, salah satu kegiatan atau program pemberdayaan masyarakat di Desa Kemlagi adalah Posyandu Balita.  Setiap bulan diadakan kegiatan Posyandu Balita dan dilaksanakan di setiap lingkungan atau Rukun Warga.  Maka untuk peringati hari menabung ini dan untuk menanamkan jiwa tangguh pada anak-anak balita, maka pelaksana kegiatan dalam hal ini Kader Posyandu mengadakan "Gemari Bung" (Gerakan Mari Menabung).
http://i95.photobucket.com/albums/l130/ainur_rofiq1/GEMARI%20RW%201_zpspfcujopf.jpg
Gerakan Mari Menabung Kemlagi Selatan
Kader Posyandu cukup menyediakan "celengan" atau tempat untuk menyimpan uang dalam berbagai bentuk yang menarik perhatian anak-anak balita. Ternyata ide ini cukup menarik perhatian anak-anak sehingga mereka senang sekali untuk menyisihkan uang jajan untuk ditabung di "celengan".
http://i95.photobucket.com/albums/l130/ainur_rofiq1/GEMARI%20KEMLAGI%20TIMUR_zpsjhuhwnse.jpg
Gerakan Mari Menabung Kemlagi Timur
Maksud dari kegiatan pentingnya menabung sejak dini adalah untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak Desa Kemlagi bahwa menabung sangat bermanfaat bagi masa depan. Tujuan dari kegiatan ini adalah mensosialisasikan tentang pentingnya menabung usia dini dan menjelaskan manfaat dari menabung pada usia dini sehingga dapat memotivasi anak dalam menabung. Sasaran yang ingin di capai dalam kegiatan ini adalah timbulnya kesadaran anak-anak Desa Kemlagi untuk dapat menyisihkan sebagian dari uang mereka agar dapat ditabung ke celengan.

Tindak lanjut dari program ini adalah orang tua sebaiknya menekankan kembali pemahaman tentang pentingnya menabung guna mengasah mental anaknya sehingga dapat berhemat.

Mudah-mudahan dengan "Gemari Bung" - Gerakan Mari Menabung ini, anak-anak kita yang merupakan generasi penerus desa dan bangsa, nantinya menjadi pemimpin yang disiplin dan tangguh. Amin Yarobbal Alamin.

Ditulis oleh Kasi Pemerintahan Desa Kemlagi
Kiriman foto Bu Drh. Nyta Apriantini - Ketua TP PKK Desa Kemlagi