Minggu, 12 Juni 2016

Kementerian Desa Kukuhkan Arumi Bachsin Sebagai Duta PAUD

https://4.bp.blogspot.com/-ea2HZGRuU5Y/V0L3NdQXcpI/AAAAAAAABfk/lRAGVci7MF8exGumLSa9-_lF1LDvaJjJgCLcB/s320/Kemeriahan%2BAcara%2BGebyar%2BPAUD%2BTrenggalek%2B2016.JPG
Arumi Bachsin dan suami

Suasembada.com - Arumi Bachsin, istri Bupati Trenggalek, Dr Emil Dardak MSc, dikukuhkan sebagai Duta Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Generasi Cerdas Desa di Pendapa Manggala Praja Nugraha, Trenggalek, Kamis (19/5) lalu.

Pengukuhan tersebut dalam rangka makin memasyarakatkan pentingnya Pendidkan Anak Usia Dini (PAUD) guna menyiapkan generasi emas Indonesia mendatang.

Mewakili Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT), Dr Hanibal Hamidi MKes, Direktur Pelayanan Sosial Dasar (PSD) Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Ditjen PPMD), berharap bahwa momentum Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional sebagai momentum untuk kebangkitan pendidikan PAUD berbasis lingkungan dalam rangka menyiapkan generasi Indonesia di masa mendatang.

Menurut Hanibal, pelaksanaan PAUD Generasi Cerdas Desa merupakan upaya strategis dalam kerangka implementasi UU Desa, terutama dalam rangka pencapaian strategis Nawacita Pemerintahan Ir Joko Widodo dan Jusuf Kalla dalam hal pengentasan 5.000 desa tertinggal dan mendorong terangkatnya 2.000 Desa Mandiri pada 2019.

Di sisi lain, berdasarkan Permendesa Nomor 2 Tahun 2016 tentang Indeks Desa Membangun (IDM) sebagai instrumen bantu manajerial pembangunan  desa, salah satu indikatornya terkait dengan pendidikan yakni tersedianya minimal satu (1) PAUD untuk setiap desa.

Kegiatan pelantikan Bunda PAUD untuk tingkat kecamatan dan desa di Trenggalek ini merupakan rangkaian acara Gebyar PAUD Trenggalek 2016. Selain pelantikan Bunda PAUD, turut pula digelar hajatan Kirab Budaya PAUD yang melibatkan 14 kecamatan di Temanggung serta 1 rombongan dari Fasilitator Generasi Sehat dan Cerdas (GSC).

“Suatu kehormatan bagi saya dipercaya menyandang Duta PAUD Generasi Cerdas Desa, karena kita tahu desa merupakan ujung tombak pembangunan negeri ini. PAUD mempunyai peran strategis dalam membentuk generasi Indonesia dalam waktu 15-20 tahun ke depan," ucap Arumi tersenyum.

Menurut Bunda PAUD, isu-isu PAUD penting untuk mengutamakan kearifan lokal sebagai sarana edukasi sehingga anak-anak tidak bingung dan lebih menghargai kekayaan budaya lokal.