Jumat, 22 Januari 2016

Pelaksanaan Dana Desa Sudah Jalan, Tapi Tenaga Pendampingnya Belum Ada

Hasil gambar untuk dana desa
ilustrasi
MAJA mojokerto | Meskipun pelaksanaan dana desa sudah jalan, namun pendamping desa sampai sekarang ini belum ada. 


Tenaga pendamping desa yang dijanjikan pemerintah pusat ternyata sampai sekarang belum ada. Padahal pelaksanaan penggunaan yang menggunakan dana desa sudah berjalan. Dikawatirkan dilapangan banyak perangkat desa yang belum faham administrasi dan bisa bermasalah. 



Ardi Sepdianto - Kepala Bapemas Pemkab Mojokerto kepada Budi Prasetyo – Reporter Maja FM, Kamis (21/01/2016) mengatakan, sampai sekarang ini belum ada informasi soal tenaga pendamping desa. Padahal beberapa waktu lalu Pemprov Jatim sudah melakukan seleksi calon pendamping desa.



”Sebelum ada tenaga pendamping desa, masih mengandalkan pendamping PNPM untuk tenaga teknis yang membantu secara administrasi di desa, mulai perencanaan sampai Spj kegiatan. Namun jumlahnya hanya 22 orang dan sangat kurang, sebab idealnya satu desa satu pendamping”, jelas Ardi. 



Seperti diketahui, tahun 2016 ini Pemerintah Kabupaten Mojokerto dapat alokasi dana desa senilai Rp 185 milyar. Nilai ini naik dibanding tahun lalu yang hanya Rp 82 milyar. (bud/and)