Jumat, 15 Januari 2016

Menteri Marwan Jafar Hiimbau Kepada Setiap Kades untuk Menyegerakan Program Padat Karya

Padat Karya Dana Desa
Selamat siang warga desa, sambil menemani istirahat para warga desa, yuk kita diskusi mengenai program yang harus segera di laksanakan di 2016 pada kunjungan Menteri Desa PDTT Marwan Jafar ke Gorontalo, beliau menghimbau, untuk mewujudkan Nawacita Jokowi-JK yang ke-tiga, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran, oleh karena itu segera di gunakan untuk program padat karya, teruma pada infrastruktur Desa, ataupun program-program yang berbasis potensi lokal desa.


Pada kunjungan nya ke gorontalo, Menteri Marwan Jafar menyinggung penggunaan Dana Desa di tahun 2015 yang sudah terserap 100%, di perkirakan untuk tahun 2016 Dana Desa akan naik menjadi 46,9 Triliun dari sebelum nya 20,76 Triliun

Mengapa Program Padat karya?

Menteri Desa PDTT Marwan Jafar menghimbau untuk melaksanakan program padat karya karena, dengan program padat karya merupakan kegiatan pembangunan proyek yang lebih banyak menggunakan tenaga manusia jika dibandingkan dengan tenaga mesin. Marwan Jafar menginginkan, masyarakat Desa ikut berperan aktif dalam mengelola poteni desa mereka sendiri. selain membuka lapangan kerja bagi masyarakat desa juga mengembakan kreatifitas dan menambah pengalaman baru.



Salah satu contoh bentuk dari pekerjaan padat karya adalah pekerjaan kontruksi seperti perbaikan jalan, saluran, dan sebagainya.  Jadi jika kita dapat menggunakan Dana Desa untuk membayar warga desa sendiri untuk pengerjaan Infrastruktur, kenapa harus menyewa tenaga Luar.



Mari Kita Pergunakan Dana Desa Dengan Sebaik-Baiknya.