Senin, 25 Januari 2016

Awas,,,, Januari Sampai Maret Puncak DBD, Lakukan Dengan PSN

ilustrasi
MAJA mojokerto | Masyarakat dihimbau terus menggalakkan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Pasalnya tahun 2016 puncak penderita Deman Berdarah Dengue (DBD), diprediksi terjadi pada bulan Januari, Februari sampai bulan Maret. 

Christiana Indah Wahyu - Kepala Dinas Kesehatan Kota Mojokerto ketika On Air di Maja FM, mengatakan, saat ini sudah ada 1 pasien di Kota Mojokerto yang sudah positif DBD. Dinkes berharap seluruh seluruh masyarakat bisa menanggulangi dengan cara PSN.

“Salah satu upaya yang betul-betul memberikan hasil yang nyata yakni melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). Dengan cara Mengubur, Menguras dan Menutup. Tapi yang paling penting itu Menguras air. Sehingga dengan menguras, telur nyamuk yang menempel di dinding tempat penampungan air akan mati”, jelasnya. 

Indah juga mengatakan, untuk membasmi berkembang biaknya nyamuk, maka bak mandi harus rutin di kuras dan dibersihkan minimal 3 hari sekali.

“Perjalanan tumbuhnya jentik menjadi nyamuk itu selama 10 hari. Jadi sebaiknya bak mandi harus dikuras dan dibersihkan 3 hari sekali atau satu minggu 2 kali”, himbaunya.

Indah juga mengatakan, di Kota Mojokerto sejak lama tidak melakukan Fogging. Kecuali kalau satu tempat tertentu minimal ada 3 orang menderita DBD, maka Dinkes bisa melakukan fogging.

Indah juga menjelaskan, untuk Kota Mojokerto selalu ranking 1 di Jawa Timur, terkait Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). 

”Alhamdulillah Kota Mojokerto selalu ranking 1, artinya daerah paling sedikit dengan penderita DBD dan tidak ada yang meninggal. Bahkan 2 tahun ini Kota Mojokerto jadi patokan dari Kementrian Kesehatan, untuk percontohan dalam pelaksanaan PSN”, ujarnya.
Sumber http://majamojokerto.com/