Senin, 10 Agustus 2015

HUT RI : Masyarakat Dihimbau Kibarkan Bendera Selama Lima Hari



MAJA mojokerto | Memperingati hari ulangtahun Kemerdekaan RI yang ke-70 pada 17 agustus mendatang, masyarakat Indonesia diminta untuk mengibarkan bendera merah putih selama lima hari berturut-turut, mulai tanggal 14 hingga 18 Agustus. Aturan ini juga diberlakukan bagi instansi pemerintah maupun lembaga swasta.

Himbauan pengibaran bendera tersebut merupakan bagian dari surat terbitan Setneg, yang juga diunggah di laman setkab.go.id. Selain himbauan pengibaran bendera, laman itu juga menyebutkan agenda Presiden Joko Widodo yang akan mengikuti serangkaian acara peringatan hari ulang tahun (HUT) RI. 

Rangkaian acara dimulai dengan penganugerahan tanda kehormatan RI di Istana Negara pada 13 Agustus. Acara selanjutnya adalah pengukuhan Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dilanjutkan dengan Pratikno Menteri Sekretaris Negara mengatakan, peninjauan ruangan Bendera Pusaka di Istana Jakarta pada hari yang sama.

Kemudian, pada 14 Agustus, Presiden dijadwalkan menyampaikan Pidato Kenegaraan di hadapan MPR, kemudian di hadapan DPD/DPR. Pada hari yang sama, Presiden juga akan menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam rangka Penyampaian Pengantar/Keterangan Pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun Anggaran 2016 beserta Nota Keuangan-nya pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang I DPR RI Tahun Sidang 2015-2016, di Kompleks Parlemen Jakarta.

Pada 16 Agustus, Kepala Negara akan mengikuti Apel Kehormatan dan Renungan Suci, di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, pukul 24.00 WIB. Selanjutnya, Jokowi akan mengikuti upacara peringatan detik-detik terakhir proklamasi kemerdekaan di halaman Istana Merdeka pada 17 Agustus mendatang.

Rangkaian acara ini ditutup dengan agenda ramah tamah kepada perintis kemerdekaan, veteran, purnawirawan, wredhatama, warakawuri, dan Angkatan 1945 di Istana Negara, serta upcara penurunan bendera Sang Saka Merah Putih di halaman Istana Merdeka, Jakarta, 17 Agustus 2015, pukul 17.00 WIB. Disusul Resepsi Kenegaraan, di Istana Merdeka, Jakarta, 17 Agustus 2015, pukul 20.00 WIB.