Senin, 15 Juni 2015

Pelatihan Aparatur Bidang Manajemen Pemerintahan Desa

Pelatihan Aparatur photo Foto0298_zpsz5zfceyd.jpg
Pelatihan Aparatur Desa
Pelatihan aparatur dalam bidang manajemen pemerintahan desa tahun 2015 Kabupaten Mojokerto dilaksanakan di Hotel Sun Palace - Trowulan Kabupaten Mojokerto (Senin, 15 Juni 2015).

Kegiatan tersebut diikuti oleh kurang dari 300 Kasi/Kaur Pemerintahan se Kabupaten Mojokerto.  Acara yang diselenggarakan oleh Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Mojokerto dibuka oleh Kabag Pemerintahan Setda Kab. Mojokerto Drs. Rachmad Suharyono, beliau menyampaikan bahwa selama ini Kasi/Kaur Pemerintahan belum pernah mendapatkan pelatihan dari Pemkab Mojokerto, maka adanya paradigma baru dengan adanya UU No. 6 Tahun 2014 beserta aturan pelaksananya pelatihan ini menjadikan Kasi/Kaur Pemerintahan mempunyai peranan yang strategis dalam pemerintahan di desa.

Hadir pula pada acara tersebut Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra DR.H.Akh.Jazuli, SH. MM yang menyampaikan tentang pentingnya komunikasi dan sinergi yang baik dengan Kepala Desa.

Disampaikan pula oleh BPKA (Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset) Kab. Mojokerto bahwa untuk tahun 2014 di Kabupaten Mojokerto terdapat Silpa sebesar Rp. 14 milyar. Mengapa ada Silpa ? ternyata hal itu merupakan ADD Tahun 2014 yang belum diserap oleh desa-desa yang ada di Kabupaten Mojokerto.  Maka dengan adanya pelatihan seperti ini, maka nantinya diharapkan tidak ada lagi anggaran untuk desa yang tidak terserap.

Beberapa narasumber lainnya yang telah menyampaikan materi sesuai dengan bidangnya masing-masing diantaranya Bapemas dan juga Inspektorat Kabupaten Mojokerto. (oleh Kasi Pemerintahan Desa Kemlagi)