Selasa, 14 April 2015

Dana Segera Cair, Desa-desa Diminta Penuhi Syarat

Marwan Jafar/Istimewa
Marwan Jafar, Menteri Desa 
Metrotvnews.com, Jakarta: Janji pemerintah mencairkan dana desa dalam waktu dekat akan segera terealisasi. Namun, tiap desa yang akan menerima dana tersebut harus menyelesaikan rencana kerja pemerintah (RKP) desa. Jika desa-desa tersebut telah menyelesaikan, maka pemerintah siap mencarikan dana desar sebesar Rp1 milliar per desa secara bertahap.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar mengatakan jika saat ini target CMS dan RKP belum terpenuhi semua. Namun, pemerintah pusat akan memberikan kelonggaran waktu selama dua minggu.

"Ke depan akan kita launching semua dana desa itu. Dan desa-desa sudah siap. Ada yang kurang sedikit kita kasih waktu ekstensi selama dua minggu sesuai UU," ucap Marwan di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jalan Medan Merdeka Barat, Senin (13/4/2015).

Marwan menambahkan jika untuk tahun ini tiap-tiap desa akan mendapatkan Rp250 juta hingga Rp280 juta. Nantinya Kementrian Keuangan akan melakukan roadmap sampai tahun 2018 dan ditargetkan setiap desa bisa mendapatkan Rp1,4 miliar.

Untuk basis penilaian pemberian dana ada beberapa hal yang dilihat. "Pertama jumlah penduduk, kedua wilayah, ketiga rapat musyawarah desa. Rapat itu misal menetukan irigasi desa. Oke buat irigasi, atau buat jalan desa. Juga BUMN desa semua berdasarkan rapat musyawarah desa," tutur dia.

Untuk teknik pencairan dana desa, pemerintah akan menugaskan seorang pendamping untuk mengawasi tiga desa. "Disamping dilakukan kementerian, kabupaten juga melalui aparatur inspektorat masing2 kabupaten. Ketiga nanti pendamping desa itu juga mengawasi," tutur Marwan.

Sebelumnya Wakil Presiden Jusuf Kalla telah memastikan dana desa bakal cari bulan ini. "Saya kira masih ada waktu, mudah-mudahan April ini. Memang rencananya di semester pertama ini sudah harus keluar," ucap JK, Jumat, 10 April lalu.