Jumat, 07 November 2014

Pemerintah akan wujudkan swasembada gula

Pemerintah akan wujudkan swasembada gula
Pertemuan dengan Pengurus AGRI Menteri Perindustrian Saleh Husin bersama Menteri PerdaganganRachmat Gobel melihat beberapa contoh bahan baku untuk gula rafinasi disaksikan Ketua Umum Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia (AGRI) Wisnu Hendraningrat di Kementerian Perindustrian, Jakarta, 5 November 2014. (Kemenperin.go.id)
"Kami akan terima juga petani gula. Semua keluhan yang disampaikan, kami akan ajak Kementerian Pertanian, Kementerian Perhutanan dan Kementerian BUMN, bagaimana swasembada gula bisa dicapai dalam tiga tahun,"

Jakarta (ANTARA News) - Pemerintah melalui Menteri Perindustrian Saleh Husin bersama Menteri Perdagangan Rahmat Gobel menggelar pertemuan dengan Asosiasi Gula Rafinasi Indonesia dalam upaya mewujudkan swasembada gula tiga tahun mendatang.

"Kami akan terima juga petani gula. Semua keluhan yang disampaikan, kami akan ajak Kementerian Pertanian, Kementerian Perhutanan dan Kementerian BUMN, bagaimana swasembada gula bisa dicapai dalam tiga tahun," ujar Mendag Rahmat Gobel bersama Menperin Saleh Husin di Jakarta, Rabu.

Mendag mengatakan, dalam pertemuan tersebut, kedua belah pihak membicarakan soal bagaimana mencapai swasembada pangan, termasuk gula.

Sementara itu, Menperin mengakui bahwa memang ada beberapa pabrik gula yang sampai mau tutup, sehingga pemerintah akan mencari solusi jangka pendek dan solusi jangka panjang.

"Misalnya lahan, lahan kan tidak gampang, untuk satu industri minimal 10 ribu hektar ini harus dipecahkan bersama Kementan, Kemenhut, Agraria," kata Menperin.

Tapi, lanjutnya, Menperin mengatakan bahwa tutupnya beberapa pabrik gula rafinasi tersebut tidak akan berimbas pada industri makanan dan minuman.