Rabu, 05 November 2014

Cara Mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera, Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar

Presiden Jokowi
Senin, 3 November 2014, Presiden Jokowi telah meluncurkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Sehat (KIS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP). Bagaimana cara mendapatkannya?

Untuk tahap pertama, yang berhak mendapatkan ketiga kartu tersebut adalah yang punya Kartu Perlindungan Sosial (KPS). KPS merupakan kartu yang diterbitkan Presiden SBY, fungsinya sebagai “penanda rumah tangga miskin”.

Nah, KPS tersebut namanya diganti menjadi KKS. Fungsinya sama: sebagai penanda rumah tangga miskin. Untuk sementara, datanya, masih menggunakan data lama.

Berikut caranya;

1. Anda datang ke kantor pos terdekat, membawa KPS. Kalau KPS hilang, Anda perlu menyertakan identitas lain dan surat keterangan dari kepala desa atau lurah.

2. Anda menyerahkan KPS ke petugas di Kantor Pos. Petugas akan segera mengecek. Jika KPS Anda hilang, bersabarlah, karena proses pengecekannya bisa lebih lama.

3. Setelah petugas mengecek KPS, Anda akan mendapatkan;

a. Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)

b. SIM Card uang elektronik

c. Kartu Indonesia Pintar (KIP)

d. Kartu Indonesia Sehat (KIS)

Apa fungsi kartu-kartu tersebut?

Fungsi dan Perbedaan Kartu Keluarga Sejahtera, Kartu Indonesia Pintar dan Kartu Indonesia Sehat

Anda mungkin masih bingung tentang program Presiden Jokowi yang baru saja diluncurkan. Antara lain Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Tidak perlu khawatir.

Berikut kami jelaskan untuk Anda:

1. Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)

Kartu Keluarga Sejahtera adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai penanda bahwa pemegang kartu tersebut berhak menerima bantuan uang dari pemerintah.

Nah, untuk mengambil uang bulanan tersebut, Anda diberikan SIM Card yang bisa dipasang di handphone untuk mengecek saldo. Ini semacam rekening bank.

Anda mengambil uangnya melalui kantor pos dengan menunjukkan nomor SIM Card tersebut.Ini biasa disebut e-money atau layanan keuangan digital.

2. Kartu Indonesia Pintar (KIP)

Kartu Indonesia Pintar adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai bantuan untuk siswa miskin. Dengan menunjukkan kartu ini ke sekolah negeri atau swasta, kartu bisa digunakan untuk mengganti biaya pendidikan.

Meski demikian, kartu untuk siswa miskin ini belum bisa digunakan saat ini karena dananya belum cair. Kartu ini berlaku mulai tahun 2015.

3. Kartu Indonesia Sehat (KIS)


Kartu Indonesia Sehat adalah sebuah kartu yang berfungsi untuk membantu masyarakat miskin saat berobat ke rumah sakit. Dengan kartu ini, masyarakat miskin tidak perlu takut tidak bisa berobat karena tidak punya uang.

Pemerintah sudah bekerja sama dengan rumah sakit negeri maupun rumah sakit swasta. Rumah sakit yang sudah menjalin kerjasama dengan pemerintah tidak boleh menolak pasien miskin yang membawa Kartu Indonesia Sehat.