Kamis, 17 Juli 2014

Laporan Dana Kampanye Jokowi-JK 1.008 Halaman, Prabowo-Hatta 10 Halaman

Capres Cawapres
Jakarta - Laporan dana kampanye pasangan Jokowi-JK mencapai 1.008 halaman. Sementara berkas laporan dana kampanye Prabowo-Hatta mencapai 10 halaman.

Perbedaan laporan dana kampanye sebanyak 998 halaman ini terdapat dalam situs resmu KPU, Kamis (17/7/2014) dini hari. Kedua pasangan capres-cawapres ini juga memiliki perbedaan jumlah dana yang digunakan selama masa kampanye.

Pasangan nomor urut satu memasukan total dana kampenya sebesar Rp 108 miliar lebih. Sementara Jokowi-JK memiliki dana kampanye hingga Rp 295 miliar lebih.

Dalam ribuan halaman laporan dana kampanyenya, Jokowi-JK mencantumkan sumber dana dari PDIP, Partai NasDem, PKB, Partai Hanura dan PKPI. Prabowo-Hatta hanya mencantumkan sumber dana dari Partai Gerindra.

Namun kedua pasangan capres-cawapres ini sama-sama mencantumkan sumber dana dari perseorangan dan badan usaha. Hanya Jokowi-JK yang tak mencantumkan sumber dana dari kelompok.

Soal detail laporan, tentu saja Jokowi-JK lebih rinci menjabarkan sumber dananya. Seperti data sumber dana dari 40.411 orang dan 12 perusahaan.

Sementara Prabowo-Hatta mencantumkan 16 sumbangan dana kampanye dari perseorangan, 1 kelompok dan 12 perusahaan.