Rabu, 04 Juni 2014

Jokowi dan Prabowo Tandatangani Deklarasi Pemilu Damai

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Dua pasangan calon peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden mendeklarasikan pelaksanaan kampanye yang berintegritas dan damai di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa malam.

http://static.republika.co.id/uploads/images/detailnews/m-_140604044815-973.jpg
Deklarasi Pilpres Damai
Deklarasi diucapkan bersama-sama oleh Prabowo Subianto, Hatta Rajasa, Joko Widodo dan Jusuf Kalla. "Kami, calon Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2014 beserta tim kampanye dan para pendukung, dengan semangat persatuan dan persaudaraan, berjanji kepada seluruh rakyat Indonesia dan menyatakan siap menciptakan Pemilu Berintegritas dan Damai demi terwujudnya kemajuan Indonesia dan terjaganya keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945," demikian dikatakan para peserta Pemilu.

Usai pengucapan deklarasi, keempat peserta Pilpres tersebut menandatangani naskah dan prasasti Deklarasi.

Komisioner KPU Pusat Hadar Nafis Gumay berharap para peserta Pilpres dapat mewujudkan isi naskah Deklarasi tersebut.

"Kami berharap semua peserta kampanye mematuhi peraturan yang ada, seperti tema Deklarasi malam ini yaitu menciptakan kampanye yang damai, bersih dan demokratis. Jadi jangan saling mencaci maki, menyalahkan apalagi memaksakan," kata Hadar.

Acara tersebut dihadiri para anggota penyelenggara Pemilu yaitu Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Usai Deklarasi, Pimpinan KPK Bambang Widjojanto menyerahkan buku putih yang berisi komitmen untuk memberantas korupsi.