Senin, 12 Mei 2014

Yudi Esmanto, Dari Gerobak Bakso Ke Gedung Parlemen

http://img.bisnis.com/posts/2014/05/01/223848/yudi-esmanto.jpg
Yudi Esmanto
Kalau beberapa waktu yang lalu Selasa, 29 April 2014 kita sajikan Tukang Sablon dan Penjual Kardus Sepatu asal Kota Mojokerto yang sukses melenggang ke kursi parlemen silahkan baca disini maka berikut ini kisah tukang bakso yang sukses ke gedung parlemen juga.

Sukabumi (ANTARA News) - Calon Legislatif dari Partai Nasdem cabang Kota Sukabumi, Yudi Esmanto lolos ke kursi legislatif dari daerah pemilihan III Kota Sukabumi, Kecamatan Gunungpuyuh dan Warudoyong.

"Informasinya memang seperti, katanya saya terpilih menjadi anggota DPRD Kota Sukabumi dari hasil rapat pleno yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Sukabumi, namun demikian saya masih menunggu penetapannya secara resmi," kata Yudi kepada Antara, Kamis.

Dari hasil rapat pleno rekapitulasi perhitungan suara KPU setempat untuk di Kecamatan Gunungpuyuh, tukang bakso ini mendapatkan suara sebanyak 348 suara dan di Kecamatan Warudoyong sebanyak 922 suara atau dengan jumlah total suara yang diraup 1.270 suara. Namun, jika dilihat raihan suara ini pemilih kedai bakso di Jalan Degung, Kota Sukabumi ini tidak lolos Bilangan Pembagi Pemilu (BPP) yang jumlah minimal suaranya harus sekitar 5 ribu suara untuk di dapil III Kota Sukabumi.

Namun demikian, suara Yudi Esmanto terbantu oleh suara partainya yang mencapai 2.609 dan dari hasil perhitungan jatah kursi DPRD Kota Sukabumi sebanyak 35 kursi, caleg nomor urut 4 ini berada di urutan ke 34 sehingga berhak mengisi jatah kursi legislatif tersebut.

"Saya maju menjadi caleg ingin membuktikan kepada rakyat, bahka seorang tukang bakso juga bisa menjadi wakil rakyat dan tidak harus mengeluarkan biaya yang besar dalam bertarung di pemilihan legislatif ini. Bahkan saya yakin, semua warga bisa saja menjadi anggota DPRD asalkan mempunyai niatan yang iklas dan tujuan ingin mengubah nasib bangsa ini khususnya warga Kota Sukabumi," tambahnya.

Sementara, Ketua Divisi Teknis KPU Kota Sukabumi, Agung Dugaswara membenarkan dari hasil rekap suara terbesar caleg dan parpol, nama Yudi Esmanto merupakan salah satu caleg yang lolos ke kursi DPRD Kota Sukabumi, bahkan hanya satu-satunya caleg dari Partai Nasdem yang duduk di legislatif di dapil Kota Sukabumi.

"Walaupun belum ditetapkan secara resmi, namun raihan suara partai dan caleg itu sudah bisa lolos ke kursi dewan dan rencananya penetapan caleg terpilih akan dilakukan pada pertengahan bulan ini," kata Agung.