Kamis, 22 Mei 2014

TMMD ke-92 Tahun 2014 diwilayah Kec. Kemlagi Kab. Mojokerto

http://mojokertokab.go.id/files/berita/561fedf8a4.jpg
Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasha dan Wakil Komandan Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Wakobandikal), Brigjen TNI (Mar) Ivan AR Titus - Menuju Lapangan Desa Kemlagi
Kabupaten Mojokerto tahun ini kembali menjadi sasaran Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD). Sesuai dengan tema yang diusung pada pelaksanaan TMMD ke-92 ini, TNI bersama-sama Polri, Kementrian/Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah dan seluruh komponen terkait menargetkan optimalisasi pembangunan di pedesaan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Rabu 21 Mei 2014  Wakil Komandan Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Wakobandikal), Brigjen TNI (Mar) Ivan AR Titus, menjadi inspektur upacara peresmian program yang dilaksanakan selama 3 minggu, mulai 21 Mei sampai dengan 10 Juni 2014 nanti, dengan sasaran utama Desa Berat Kulon Kecamatan Kemlagi.

Brigjen Ivan menyampaikan bahwa program ini menyasar pembangunan infrastruktur dan sarana prasarana yang menjadi kebutuhan masyarakat desa untuk meningkatkan roda perekonomian daerah. Tentu saja dengan tidak melupakan sasaran non fisik untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat desa, hal ini tidak lain guna meningkatkan kualitas yang lebih maju, sejahtera dan mandiri. Lulusan AAL tahun 1983 angkatan XXVIII ini menambahkan TNI ingin mewujudkan pertahanan negara di daerah yang tanggung dengan upaya melestarikan nilai sejarah terutama nilai kemanunggalan TNI-Rakyat. “Program TMMD diharapkan akan dapat mewujudkan ketahanan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi berbagai bentuk ancaman, yang muaranya akan berdaya guna bagi kepentingan pertahanan negara,”ujarnya.

Menurut pemaparan Komandan SSK TMMD Kabupaten Mojokerto, Lettu Armed Ahya Kholiquddin, beberapa sasaran pembangunan di Desa Berat Kulon diantaranya pavingisasi SD seluar 800 m2, pembuatan 10 unit jamban keluarga, 20 unit Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL) keluarga, rehab Masjid Musholla, 26 ekor kambing dan beberapa penyuluhan terkait pemberdayaan masyarakat. Total anggaran dan bantuan yang tersalurkan sejumlah kurang lebih 580 juta Rupiah. 150 orang pasukan yang terdiri dari seluruh elemen terkait diantaranya TNI, Pemerintah Daerah dan masyarakat akan bekerja bahu membahu dan berpartisipasi aktif demi keberhasilan Program yang dilaksanakan secara serentak di 61 wilayah Kabupaten/Kota di Indonesia ini.

Bupati Mojokerto, Mustofa Kamal Pasa, sangat mengapresiasi program ini dan Pemkab akan memberikan segenap dukungan bagi kesuksesannya. “Saya berharap TNI akan semakin dikenal oleh masyarakat dengan membawa hasil karya nyata bagi kesejahteraan masyarakat.” ungkapnya. Brigjen Ivan mengingatkan kepada Lettu Ahya dan anggotanya untuk senantiasa menjaga nama baik TNI dan berbakti kepada masyarakat.”Hilangkan image arogan, tanamkan pendidikan bela negara dan cinta budaya lokal. Dengan mencintai budaya maka masyarakat akan mencintai tanah air dan negara Indonesia,” ujarnya.

Selepas upacara pembukaan, Bupati dan Wadanbangdikal meninjau lokasi TMMD serta menyempatkan diri menanam pohon untuk mendukung program penghijauan. Turut hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Mojokerto, Danrem 082 CPYJ, Dandim 0815, Dan Yonif Linud 503, Kapolresta Mojokerto dan SKPD terkait serta berbagai LSM dan Ormas pendukung. Berbagai kesenian pun tampak meramaikan peresmian TMMD ke-92 ini seperti tari Remo, Bantengan dan Drumband dari siswa-siswi Kec. Kemlagi.