Sabtu, 24 Mei 2014

Cara jitu cari kerja di era internet

http://img.antaranews.com/new/2014/05/ori/20140522Franz_Dirgantoro.jpg
President Direktur CareerBuilder.co.id, Franz Dirgantoro.
Jakarta (ANTARA News) - Bila dulu hanya memanfaatkan media koran atau sejenisnya untuk mencari kerja dan mencari pekerja, kini sebagian sudah beralih ke dunia internet.

"Mencari lowongan kerja di internet lebih mudah dan efisien. Kondisi ini banyak dibidik para vendor atau penyedia lapangan kerja," kata Presiden Direktur careerbuilder.co.id, Franz Dirgantoro dalam keterangan pers di Jakarta, Rabu.

Berdasarkan data Kementerian Pendidikan Nasional, umumnya sekitar 60,87 persen lulusan SLTA dan sekitar 83,18 persen lulusan Perguruan Tinggi lebih berminat menjadi pekerja.

Data ini juga dikuatkan oleh BPS bahwa di tahun 2013 ini, pengangguran di Indonesia telah mencapai 7,17 juta orang. Oleh karena itu, dengan kondisi lapangan pekerjaan yang terbatas bila dibanding pencari kerja maka para pencari kerja harus bersaing keras mendapatkan posisi kerja yang diinginkan.

Menurut Franz Dirgantoro, di era internet ini, semua bisa dilakukan baik bagi pencari kerja maupun perusahaan yang mencari pekerja. Apalagi tingkat pengguna internet di Indonesia cenderung meningkat setiap tahunnya.

"Kalau dulu pencari kerja hanya bisa melihat lowongan kerja di koran, majalah ataupun sejenisnya kini sudah mulai banyak beralih ke internet. Begitu juga perusahaan, bila dulu hanya bisa mengiklankan posisi pekerja yang dicari di koran ataupun sejenisnya, kini mereka bisa memasangnya di internet melalui perusahaan penyedia lowongan kerja. Proses mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dan mencari pekerja menjadi lebih mudah," katanya.

Franz mengatakan penerapan sistem pencarian kerja dan pencari pekerja secara online menjadikan proses rekrutmen menjadi lebih mudah, cepat dan murah tidak hanya bagi perusahaan yang akan melakukan seleksi tetapi juga bagi para pencari kerja.

Terkait kesuksesan sudah diraih oleh CareerBuilder.co.id di bulan Februari 2014, kini untuk kesekian kalinya akan diselenggarakan Job Fair pada 13-14 Juni 2014. Banyak perusahaan yang puas dengan acara yang terselenggara di bulan Februari lalu dan banyaknya pencari kerja yang sukses setelah mengikuti acara Job Fair itu menjadi salah satu alasan diadakan kembali di bulan Juni 2014.

Job Fair pada Februari 2014 berhasil mendatangkan pencari kerja sebanyak 5.500 tanpa pungutan biaya dan banyak perusahaan yang menyatakan puas atas penyelenggaraan tersebut.

"Secara umum, Jobfair yang diadakan oleh Career Builder pada tanggal 14-15 Februari 2014 tergolong sukses. Banyak sekali kandidat baik yang menghadiri event ini," ujar Dyah Wardhani, HR dari PT Mizuho Balimor yang telah mengikuti acara tersebut.